Tanggapi Pidato Kenegaraan Presiden, Syafrudin: Sejalan dengan Pemkot Serang

Syafrudin, Wali Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Wali Kota Serang Syafrudin menilai, pidato Presiden RI Joko Widodo yang menyinggung soal peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan efisiensi anggaran, sejalan dengan Pemkot Serang. Menurut dia, saat ini pemkot terus berupaya mewujudkan SDM unggul dan maju.

“Membangun SDM merupakan kunci Indonesia maju di masa depan. Titik dimulainya pembangunan SDM, adalah dengan menjamin kesehatan. Dimulai dengan sejak seorang ibu mengandung hingga melahirkan dan sampai anak usia sekolah, sehingga tidak ada lagi yang namanya stunting ataupun gizi buruk di Kota Serang,” katanya, saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (17/8/2019).

Ia menuturkan, pemkot akan terus memberikan dukungan pendidikan serta pengembangan diri bagi anak-anak di Kota Serang. Sebab, meraka akan memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pembangunan di masa mendatang. Bahkan, menurut dia, tema dari HUT RI tahun ini sama seperti visi dan misi pada pemerintahannya saat ini.

Visi tersebut dijabarkannya dalam lima kebijakan prioritas pembangunan Pemkot Serang di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Subadri Ushuludin yang dilantik pada Rabu (5/12/2018) lalu. Mulai dari peningkatan kualitas pendidikan, derajat kesehatan masyarakat, dan peningkatan aksesibilitas infrastruktur.

Kemudian, peningkatan mutu lingkungan hidup, pengelolaan tata ruang wilayah dan mitigasi bencana, serta peningkatan daya saing ekonomi dan tata kelola pemerintah yang baik melalui reformasi birokrasi. Dari visi tersebut, dia optimistis, apabila SDM di Kota Serang maju dan unggul masyarakatnya juga tentu akan sejahtera.

“Tentu kami akan jadikan Kota Serang sebagai kota berperadaban yang berbudaya dan berdaya. Tentu kami pun membutuhkan tenaga dan pikiran, agar pembangunan bisa terus dibenahi, sehingga perkembangan Kota Serang bisa dirasakan oleh anak dan cucu kita nanti,” ujarnya.

Menurut dia, apa yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo tentang peningkatan SDM dan kinerja aparatur negara sejalan dengan ide daerah, sehingga Pemkot Serang merasa mendapat dukungan dari pusat terkait apa yang sedang dilakukan.

“Sebenarnya idenya sama antara pusat dan daerah, yang pertama peningkatan kualitas kinerja, terutama aparatur negara baik eksekutif maupun legislatif untuk meningkatkan kinerja, kemudian juga efisiensi dari APBD ini juga sesuai dengan keinginan kami,” ucapnya.

“Tidak menghambur-hamburkan anggaran terutama perjalanan luar daerah atau luar negeri itu kami juga sudah memangkas itu. Apalagi dengan yang disebutkan presiden soal efisiensi, berarti kami didukung dengan program pusat,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, pembangunan dan pertumbuhan Kota Serang juga perlu sinergis seluruh OPD. ”Dan yang paling berpengaruh besar, adalah masyarakat itu sendiri,” katanya.

Kurangi kegiatan tak penting

Ketua DPRD Kota Serang Namin menututkan, Pemkot Serang sudah lebih awal menginisiasi terkait efisiensi anggaran sebelum pidato kenegaraan Presiden. Efisiensi tersebut dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting.

“Jadi, sebelum adanya saran-saran dari Presiden, justru kami sudah lakukan efisiensi itu dengan mengurangi kunjungan kerja ke daerah lain. Sudah kami awali di perubahan,” ujarnya.

Ia memandang, pidato kenegaraan Presiden berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana pada pidato kenegaraan ke-74, Presiden mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membuat lompatan kemajuan dan mengejar bangsa maju lainnya. “Ini pidato yang luar biasa dibandingkan pidato kenegaraan tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya. (Rizki Putri/Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here