Selasa, 11 Desember 2018

Tangerang Expo 2018 Digelar di Bekas Terminal

DALAM rangka memperingati ulang tahun perak, Kota Tangerang menggelar Tangerang Expo 2018 di lapangan eks Terminal Cibodas, Kecamatan Cibodas. Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang, M Yusuf mengatakan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi serta dapat menjadi kekuatan dalam menghadapi perubahan zaman. “Namun dalam perjalanannya, UMKM masih menghadapi berbagai kendala seperti akses pasar, permodalan, penerapan teknologi, pusat pelatihan hingga SDM,” kata Yusuf, Rabu (28/2/2018).

Oleh karena itu, pengembangan sektor UMKM harus menjadi perhatian pemerintah daerah agar para pelakunya tidak tenggelam. Seiring dengan gencarnya gempuran produk ekspor serta ketatnya persaingan global. Karena sejak Januari 2016, negara-negara ASEAN sudah resmi memberlakukan pasar bebas. Artinya, sudah tidak ada lagi halangan keluar masuknya barang-barang dari negara lain untuk bersaing dengan produk di dalam negeri.

Menurutnya, untuk mendukung program sebagai kota yang layak investasi, Tangerang Expo bisa menjadi wadah promosi dan pemasaran untuk produk-produk yang dihasilkan oleh para produsen dari Kota Tangerang. “Tangerang Expo juga bisa menjadi sarana penyebarluasan informasi tentang berbagai program dan kegiatan Pemerintah Kota Tangerang khususnya tentang pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan, Tangerang Expo diharapkan bisa menarik minat serta peran masyarakat dalam membantu pemkot dalam mengembangkan potensi UMKM di Kota Tangerang. “Serta meningkatkan kecintaan masyarakat kepada produk-produk dalam negeri,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Sayuti mengatakan, ada 120 stan khusus UKM Kota Tangerang yang ikut dalam kegiatan tersebut. “Pelaksanaan Tangerang Expo 2018 ini diikuti oleh ratusan UKM dari 104 kelurahan. Dalam acara tersebut turut serta dimeriahkan oleh stan organisasi perangkat daerah (OPD), BUMD, BUMN, dan swasta,” ucapnya.

Menurutnya, selain pameran UKM, dalam Tangerang Expo 2018 turut dilaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba nyanyi solo, lomba tari kreasi, lomba mewarnai, demo hijab, qasidah, lomba bercerita, beat box dan lain sebagainya. “Banyak kegiatan perlombaan untuk menghibur para pengunjung yang datang ke Tangerang Expo 2018,” ujarnya. Untuk diketahui Tangerang Expo ke-6 tahun 2018 diselenggarakan mulai tanggal 27 Februari 2018 hingga 3 Maret 2018. (Dewi Agustini)***


Sekilas Info

Tiga Menteri Groundbreaking Rusunami di Stasiun Rawabuntu

TANGERANG, (KB).- Tiga Menteri Kabinet Kerja yakni Menteri BUMN Rini Soewarno, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *