Tanamkan Pilar Kebangsaan, HMCB Unbaja Gelar ”Civics Skill Competition”

Pelajar SMA dan SMK sederajat mengikuti civics skill competition yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Civis Banten Unbaja, di Auditorium Unbaja, Senin (2/9/2019).*

SERANG, (KB).- Himpunan Mahasiswa Civics Banten (HMCB) Universitas Banten Jaya (Unbaja) Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), menyelenggarakan ‘Civics Skill Competition’ (CSC), di Auditorium Unbaja Kampus 1, Senin-Rabu (2-4/9/2019). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai empat pilar kebangsaan melalui debat.

Ketua Umum HMCB Nibras Shohwatul Islam mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda terhadap empat pilar yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kompetisi tersebut selain mendapatkan ilmu pengetahuan mereka, juga diharapkan dapat menanamkan empat pilar tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” kata Nibras kepada Kabar Banten.

Sementara itu, ia mengatakan, CSC merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati hari jadi ke-8 Unbaja. Diharapkan melalui debat menjadi wadah untuk menuangkan argumentasi mereka, serta meningkatkan kemampuan dalam melatih penalaran dalam bidang keilmuan.

“Dengan lomba tersebut diharapkan mereka terbiasa untuk menghadapi perbedaan, serta dapat membangun argumen berbasis data yang kuat dan bukan hanya persepsi saja,” ujarnya.

Ia mengatakan, empat pilar kebangsaan merupakan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh pelajar, karena mereka merupakan generasi muda yang akan meneruskan perjuangan terdahulu.

“Pelajar dapat menanamkan nilai-nilai tersebut untuk diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Serta dapat menumbukan nasionalisme dalam diri,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here