Rabu, 16 Januari 2019

Tanamkan Jiwa Sadar Wisata, Banten Bisa Seperti Bali dan Lombok

SEBUAH keniscayaan sektor wisata di Banten ke depan bisa sejajar dengan Bali dan Lombok, atau bahkan lebih baik. Hal itu akan terwujud, jika infrastruktur penunjang wisata sudah benar-benar terbenahi, termasuk masyarakatnya yang sudah memiliki sikap sadar wisata.

Optimistis sektor wisata yang cemerlang di masa depan tersebut disampaikan Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), saat membuka acara Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) TA 2020, di Hotel Aryaduta, Lippo Karawaci, Tangerang, beberapa waktu lalu, seperti dikutip di laman dispar.bantenprov.go.id, Jumat (14/12/2018).

Pada kesempatan itu, WH membahas sejumlah persoalan, salah satunya sektor pariwisata. Sektor menjadi isu dalam RPJMD, agar pengelolaannya dilakukan secara serius. Masalah yang timbul, yaitu banyaknya keluhan dari wisatawan, baik lokal maupun luar daerah tentang pengelolaan parkir liar dan kuliner yang terlalu mahal.

Ini menunjukkan jika masyarakat di sekitar objek wisata belum benar-benar memiliki sikap sadar wisata. “Warga di sekitar objek wisata belum benar-benar bisa menyambut wisatawan yang datang. Ini perlu diarahkan agar terbiasa menerima wisatawan, seperti warga di Bali atau Lombok,” ujarnya.

Nah, yu tunggu apa lagi, mulai dari sekarang yu kita ubah pola pikir kita agar lebih baik menjadi masyarakat sadar wisata. Apalagi, sekarang ini mulai berkembang juga desa wisata. Kuys, ah jadi masyarakat sadar wisata demi kemajuan daerah bersama. (Galuh Malpiana)*


Sekilas Info

Berwisata Edukasi di Museum Multatuli dan Perpustakaan Saija Adinda

Selain ragam potensi wisata alam yang dimiliki, Kabupaten Lebak memiliki sejumlah destinasi wisata buatan, baik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *