Tanamkan Disiplin Lalu Lintas Sejak Dini

KETIDAKDISIPLINAN dalam berlalu lintas menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan. Hal itu memicu tingginya tingkat kerawanan kecelakaan yang salah satu korbannya merupakan pelajar.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, pihak Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Lebak gencar menyosialisasikan tata tertib lalu lintas bagi pelajar, di antaranya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Warunggunung, Senin (1/4/2019).

Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres Lebak Ipda R. Agung mengatakan, sosialisasi pemahaman terhadap rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas perlu ditanamkan sejak dini.

Melalui sosialisasi tersebut akan terbangun kesadaran tentang pentingnya keselamatan diri saat mereka dewasa nanti dalam berlalu lintas.

“Kita intens melakukan sosialisasi dari satu sekolah ke sekolah. Baik itu di tingkat SD, SLTP, maupun SLTA,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, kata dia, Satlantas melibatkan 40 siswa. Pada sosialisasi ini, metode sosialisasi yang diberikan mulai dengan praktik pengenalan alat peraga lalu lintas dan juga melalui pembekalan teori.

Dimulai dengan berkendara yang benar, memakai helm SNI dan sampai klick, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan HP saat berkendara dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM.

Kepala SMKN 1 Warunggunung H. Wisnu menyambut baik dengan adanya sosialisasi tata tertib lalu lintas bagi pelajar yang dilaksanakan Satlantas Polres Lebak.

Menurutnya, sosialisasi perlu ditekankan pada pelajar, karena pelajar yang merupakan usia rentan perlu memahami tata tertib lalu lintas. “Sekolah juga memiliki andil menyosialisasikan kepada siswa,” tuturnya. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here