Taman Nasional Ujung Kulon, Serasa di ”Amazon”

Bicara soal keindahan alam Banten, memang tidak akan pernah ada habisnya. Destinasi yang akan diceritakan kali ini adalah wilayah wisata Taman Nasional Ujung Kulon. Di tempat itu terdapat satu aliran sungai yang indah. Cigenter nama aliran sungai itu.

Kata orang, Sungai Cigenter ini layaknya Amazon di Amerika sana. Hutan di sepanjang aliran sungai membuat teduh dan indah. Perahu didayung dengan perlahan, namun mata tak bisa berkedip. Takjub akan indahnya kawasan taman wisata seluas 105.694 hektare dengan daratan seluas 61.357,46 dan perairan 44.337 hektare. Daerah ini cukup alami layaknya daerah yang tak tersentuh tangan manusia.

Sughron Jazila Siregar, beruntung dirinya sempat merasakan keindahan tersebut. Menurut dia, tempat itu memang benar-benar indah. Selain ada Sungai Cigenter, di sana pun ada pantai yang berpasir putih dan bisa pula dijadikan tempat snorkling. “Air lautnya jernih, terus ada juga padang rumput tempat binatang cari makan,” ujar pria yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2 jurusan administrasi dan kebijakan publik di Universitas Indonesia, Kamis (16/11/2017).

Ajil sapaan akrabnya mengatakan, dari sekian destinasi yang ada di tempat itu, Sungai Cigenter lah yang paling berkesan. Sungai itu bisa disusuri menggunakan perahu. “Bagus pokoknya kaya di Amazon,” ucap pria yang mengaku sedang sibuk menjadi pengamat kebijakan publik SAF. Walau demikian, dirinya menyayangkan sebab akses ke tempat tersebut masih belum begitu baik. Oleh karenanya, untuk sampai di sana perlu waktu yang cukup lama. (Dindin)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here