Kamis, 24 Mei 2018

Tak Layak Pakai, Pemkot Cilegon Siap Lelang Randis

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon siap melelang sejumlah kendaraan dinas (randis). Rencana itu untuk menekan biaya operasional dan juga penghapusan aset Pemkot Cilegon yang tidak terpakai.

Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, lelang mobil dinas ini selain untuk menekan biaya operasional, juga memberikan pemasukan untuk pendapatan daerah. Apalagi mobil-mobil dinas yang sudah tidak layak pakai, telah membuat biaya operasional pemkot membengkak.  “Selama ini kan banyak kendaraan dinas yang tidak layak. Jadi kenapa tidak dijual saja, sehingga bisa masuk ke kas daerah. Jadi aset yang sudah bobrok dihapus saja,” ujarnya, akhir pekan kemarin.

Pihaknya telah menghitung pendapatan dari hasil lelang mobil dinas bisa mencapai Rp 7 miliar. Tentu hal itu akan memberikan dampak positif bagi keuangan Pemkot Cilegon. “Daripada diurus terus tapi tidak dipakai, lebih baik dikeluarkan. Pejabat juga pastinya gengsi kalau menggunakan kendaraan yang kurang bagus,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon Maman Maulidin mengatakan, jika saat ini pihaknya masih menginventarisasi mobil dinas tidak layak pakai. Setelah inventarisasi selesai, maka pihaknya akan melakukan penghapusan aset melalui langkah lelang.

“Kalau sudah dipakai nanti dilelang biar uangnya masuk ke kas daerah. Uangnya pun nantinya bisa digunakan untuk hal-hal penting seperti peningkatkan infrastruktur, pembangunan bahkan hal-hal yang lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Cilegon,” ucapnya.

Sebelumnya dikabarkan, 18 dari 35 anggota DPRD Kota Cilegon telah mengembalikan mobil dinas ke Pemkot Cilegon. Pengembalian mobil pinjaman untuk operasional anggota dewan tersebut, seiring dengan naiknya dana tunjangan dewan. Saat ini kendaraan dinas tersebut berada di halaman Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon.

Terkait dengan kendaraan yang sudah terpakai itu, Bagian Aset pada BPKAD Kota Cilegon berencana akan melakukan lelang kendaraan dalam waktu dekat. “Iya, semua ada aturannya, mana yang boleh dilelang mana yang tidak, jadi aset barang itu harus memenuhi mekanisme yang ada kalaupun untuk lelang,” kata Maman. (HS)***


Sekilas Info

Antisipasi Kemacetan di Pelabuhan Merak, Kemenhub Berencana Beri Diskon Pemudik Siang

CILEGON, (KB).- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memberikan diskon bagi pengendara yang menyeberang Pelabuhan Merak pada siang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *