Tak Hadir pada Pemaparan Visi Misi di Penjaringan Demokrat, 13 Pendaftar Dinyatakan Gugur

SERANG, (KB).- Sebanyak 13 bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Serang 2020 dinyatakan gugur dalam penjaringan yang dilakukan Partai Demokrat.

Hal itu karena belasan bakal calon tersebut tidak mengikuti tahapan pemaparan visi misi yang digelar DPD Demokrat Banten di salah satu hotel di Kota Serang, Jumat (28/2/2020).

Dalam tahapan pemaparan visi misi itu hanya diikuti oleh dua bakal calon bupati yakni Ratu Tatu Chasanah dan Eki Baihaki.

Pemaparan visi misi tersebut dilakukan di hadapan tiga orang panelis yakni Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Banten Iti Octavia Jayabaya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat Jansen Sitindaon dan Wakil Rektor I Untirta Agus Sjafari.

Berdasarkan data yang dihimpun Kabar Banten, ada 15 bakal calon bupati dan wakil bupati yang mengambil formulir penjaringan di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Yakni Ratu Tatu Chasanah, Eki Baihaki, Wahyu Megahita Rochani, Wahyu Papat JR, Abdul Latief, Masrori, Pandji Tirtayasa, Sarjudin, Madroji, Wahyudin Djahidi dan Syamsul Rizal Djahidi, Masduki, Sulaiman Rido, Najib Hamad dan Lili Romli. Dari jumlah tersebut, 11 di antaranya mengembalikan formulir pendaftaran, namun hanya dua orang yang mengikuti pemaparan visi misi.

Ketua DPD Demokrat Banten Iti Octavia Jayabaya mengatakan, dalam pemaparan visi misi ini hanya dihadiri oleh dua orang bakal calon yakni Ratu Tatu Chasanah dan Eki Baihaki. Bagi bakal calon yang tidak hadir maka dinyatakan gugur.

“Berarti tidak serius untuk daftar di Demokrat. Sudah takut duluan sebelum bertarung,” ujarnya.

Iti mengatakan, hasil pemaparan ini nantinya akan dibawa ke DPP, untuk kemudian dikeluarkan rekomendasi dari DPP.

“Bukan saya penentu rekomendasinya. Kalau di saya enak yah. Untuk Kota Cilegon besok, Kabupaten Pandeglang masih tunggu waktu, Tangsel terpisah,” ucapnya.

Disinggung peluang kader internal untuk maju, menurut putri mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya tersebut tidak menjadi patokan. Namun jika memang ada kader yang mumpuni maka itu patut disyukuri.

“Kalau memang kader mumpuni dan bisa dikawinkan alhamdulillah. Demokrat itu melihat hasil survei jadi mau itu kader internal atau luar Demokrat kalau punya visi misi dan komit yang sama itu tidak menutup kemungkinan,” katanya.

Sedangkan untuk hasil pemaparannya, Iti mengapresiasi keberhasilan pembangunan yang sudah dilakukan oleh petahana Ratu Tatu Chasanah.

“Saya baru dengar dari Bu Tatu, keberhasilan sudah terlihat. Seperti yang saya rasakan bagaimana mengakselerasikan mengintegrasikan antara ekspektasi masyarakat dengan anggaran yang tersedia. Itulah yang jadi persoalan pemimpin selalu dianggap tidak bekerja, karena keterbatasan anggaran kita tidak bisa mengakomodasi semua,” ucapnya.

Sudah diinformasikan

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Serang Ricky Fahrijal mengatakan, ada 15 orang yang mengambil formulir penjaringan di Demokrat. Namun dari jumlah itu, hanya 11 yang mengembalikan formulir walaupun beberapa dengan berkas yang kurang lengkap.

Akan tetapi, dirinya tidak mengetahui jika kemudian yang ikut pemaparan visi misi hanya dua orang. Sebab, penyelenggara visi misi ini yakni DPD Demokrat Banten.

“Ini penyelenggara DPD bukan DPC. Mungkin kurang koordinasi atau gimana, yang jelas saya sudah sampaikan acara ini. Teknis DPD yang undang, DPC berakhir sampai penjaringan untuk kumpulkan berkas,” ujarnya saat ditemui di acara pemaparan visi misi.

Ricky mengatakan, mereka yang tidak hadir ini tetap akan diajukan ke DPP walau dengan data yang kurang lengkap.

“Mereka enggak ada konfirmasi. Kalau Ibu Ketua (Wahyu Megahita Rochani) kemarin umrah dengan keluarga mertua,” ucapnya.

Disinggung adanya persyaratan yang memberatkan dalam penjaringan tersebut, ia tidak tahu menahu. Sebab ketika ada rapat persiapan pemaparan visi misi DPC tidak diundang.

“Cuma H. Toni Nasroni yang hadir wakili Bu Mega. Saya enggak terlalu hapal detail obrolannya,” tuturnya.

Sementara, bakal calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pada pemaparan visi misi kali ini, sama dengan yang dilakukannya di partai lain.

“Saya ikuti agar sempurna tahapannya. Karena ini untuk dibawa ke DPP kita tinggal tunggu rekomendasi seperti apa di DPP,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here