Tahun Ini, Ratusan ASN Pemkot Serang Pensiun

SERANG, (KB).- Sebanyak 140 lebih aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan purnatugas pada 2019 ini. Sebelas orang di antaranya sudah terlebih dahulu mengakhiri tugasnya per 1 April 2019.

“ASN Kota Serang yang akan pensiun cukup banyak jumlahnya. Tahun ini ada 140-an. Untuk mengisi kekosongan nanti ada regenerasi kan ada CASN (calon aparatur sipil negara),” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Yoyo Wicahyono, Senin (1/4/2019).

Ia mengatakan, sebelas ASN tersebut berasal dari pejabat eselon III, eselon IV, pengawas, dan guru. Surat purnatugas mereka diserahkan pada rangkaian apel pagi, Senin (1/4/2019). “Ada 11 orang dari eselon III, eselon IV, guru, ada pengawas. (Setingkat kepala dinas) belum ada,” ujarnya.

Ia mengatakan, kesebelas ASN yang purnatugas tersebut berasal dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Sekretariat Daerah (Setda), serta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

“Per 1 April 2019 mereka resmi purna berdasarkan batas usia pensiun (BUP). Kalau yang guru itu sudah mencapai 60 (tahun) kalau yang pelaksana dan eselon III itu 58 tahun,” ucapnya.

Ia menuturkan, rekrutmen CASN dilakukan untuk menutupi kekosongan abdi negara yang pensiun. Menurut dia, ASN yang bisa mencapai pensiun dianggap lulus dalam pengabdiannya sebagai abdi negara.

Ia berharap, setelah pensiun sebagai abdi negara, para ASN bisa menyabdi ke masyarakat dan diterima di tengah-tengah masyarakat. “Jadi, mereka itu dalam artian telah lulus menjadi CASN, jadi kembali mengabdi ke masyarakat setelah mengabdi kepada pemerintah dan negara,” katanya.

Ia berharap, kepada ASN yang akan mengabdi di Lingkungan Pemkot Serang bisa mengikuti jejak kesebelas orang tersebut lulus sebagai ASN. Karena, kata dia, tidak sedikit yang berhenti sebagai ASN bukan karena pensiun.

“Tidak semua ASN itu bisa pensiun, ada yang karena kasus, ada yang dipecat, ada yang berhenti di tengah jalan mengundurkan diri. Artinya yang pensiun itu lulus sebagai ASN-nya,” ujarnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here