Tahun Ini, Perwal Mobil Kancil Akan Dibuat

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan mulai mengkaji dan membuatkan Peraturan Wali Kota (Perwal) khusus untuk mobil kancil. Sebab, keberadaan mobil kancil di Kota Serang akan menjadi alternatif kendaraan operasional masyarakat.

Kepala Dishub Kota Serang Maman Luthfi mengatakan, perencanaan pembuatan perwal tersebut, akan dilakukan dan ditargetkan rampung tahun ini, sehingga mobil kancil segera mendapatkan izin operasional dan mulai beroperasi. Sebab, keberadaannya saat ini masih belum memiliki izin operasional, namun sebagian sudah melakukan uji kelayakan kendaraan atau KIR.

“Karena, sekarang ini sudah muncul, maka kami akan menyegerakan, dengan menggunakan perwal dan sekarang sedang dalam kajian di bagian hukum (Setda). Sementara, untuk peraturan daerah (perda-nya) akan mengikuti perda sebelumnya,” katanya, Rabu (29/1/2020).

Dalam perwal tersebut, ujar dia, akan dibahas soal wilayah penarikan serta tarif yang akan diterima oleh mobil kancil tersebut. Hal tersebut dilakukan, agar tidak berbenturan dengan kendaraan operasional masyarakat lainnya, seperti angkutan perkotaan (angkot).

“Jadi, nanti tidak berebutan wilayah dengan angkot, makanya ini perlu kajian juga,” ujarnya.

Salah satu pembahasan dalam perwal, dia menjelaskan, nantinya mobil kancil hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak bepergian dari hunian ke jalan utama, setelah di jalan utama, maka sudah menjadi wilayah angkot.

“Jadi, paling dari perumahan ke jalan utama. Ini juga disesuaikan dengan peruntukan mobil kancil itu yang hanya untuk jarak pendek,” ucapnya.

Baca Juga : Izin Operasi Kancil Tunggu Perwal

Sementara, untuk keberadaan mobil kancil tersebut, baru tersedia untuk zona Kecamatan Serang yang pengadaannya dari pihak ketiga. Namun, hal tersebut dapat dikembangkan di kemudian hari.

“Untuk jumlah unitnya saya belum begitu tahu. Jadi ini pengusaha ingin beroperasi di Kota Serang dan legalitasnya dari kami,” tuturnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang Khoeri Mubarok menuturkan, perlu adanya kajian yang matang untuk pengoperasian mobil kancil khususnya di Kota Serang. Apalagi sampai saat ini permasalahan angkot di Kota Serang sangat semrawut.

“Hasil kajian akan mengukur sejauh mana mobil kancil ini tidak menimbulkan masalah dengan angkot atau yang sejenisnya,” katanya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub Kota Serang, sehingga permasalahan angkutan umum di Kota Serang menjadi lebih rapi dan terakomodir.

“Khususnya untuk mobil kancil ini, kami akan berkoordinasi dengan Dishub, karena ini membutuhkan kajian lagi,” ujarnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here