Kamis, 21 Februari 2019

Tahun Depan Kartu Identitas Anak Mulai Berlaku

SERANG, (KB).-  Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten serang baru akan mulai melakukan pencetakan kartu identitas anak (KIA) pada 2018 mendatang. Pencetakan KIA yang mencapai 450.000 anak tersebut ditargetkan selesai seluruhnya pada 2021.

Kepala Bidang Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Serang, Witarsono mengatakan, secara nasional KIA tersebut sudah berlaku sejak 2016 lalu. Namun, hanya 50 kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai daerah prioritas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sedangkan untuk sisanya baru tahun ini diberlakukan. “Sisanya harusnya tahun ini. Tapi, kami mulai tahun depan, karena butuh persiapan,” katanya, Rabu (25/10/2017).

Ia menuturkan, untuk wilayah Kabupaten Serang, ada sekitar 450.000 anak yang akan mendapatkan KIA tersebut. Namun, untuk 2018, pihaknya baru akan mencetak sekitar 30 persen dari kebutuhan pengadaan KIA tersebut, sedangkan untuk penyelesaiannya sendiri ditargetkan sampai 2021 mendatang.

Menurut dia, anak yang berhak mendapatkan KIA tersebut harus dalam rentang usia antara 0-17 tahun. Kemudian, terbagi atas dua tahap, yakni rentang 0-5 tahun dan 5-17 tahun. Oleh karena itu, saat usianya memasuki 5 tahun KIA tersebut harus diperbarui.

Pada 2018 mendatang, pihaknya mencanangkan akan mencetak sebanyak 15.000 blangko KIA. Untuk pengadaannya sendiri akan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Bisa juga mengajukan bantuan ke pemerintah provinsi,” tuturnya. (DN)***


Sekilas Info

Renstra Harus Sesuai Arah Pembangunan Kota Serang

SERANG, (KB).- Rencana strategis (Renstra) 2019-2023 dan rencana kerja (Renja) organisasi perangkat daerah (OPD) 2020 …

2 comments

  1. Mohon infonya DISDUKCAPIL KAB SERANG.
    Apakak program pembuatan Kartu Identitas Anak(KIA)sekarang sudah bisa di layani??,Kok minta info dari kelurahan(cikande)blm ada info dari kecamatan..MOHON BANTUAN INFONYA BAPAK/IBU YANG DI DISDUKCAPIL.

  2. Amelia Dwi Putri Suryani

    Untuk tahun 2018 kota mana yang sudah melakukan pencetakan KIA?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *