Tahun Depan, Bazar Murah Libatkan PKL

Wali Kota Serang Syafrudin melayani warga yang akan menukarkan kupon untuk membeli sembako murah saat kegiatan bazar pasar murah yang digelar Pemerintah Kota Serang di Kantor Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (9/5/2019). Pasar murah itu untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakat terutama pada bulan Ramadan menyusul harga sejumlah kebutuhan pokok terus melambung di pasar.*

DINAS Perdagangan Industri Koperasi (Disperdaginkop) dan UKM Kota Serang akan menggandeng pedagang kreatif lapangan (PKL) pada bazar murah tahun depan. Pada pelaksanaan bazar murah tahun ini, pihaknya masih terkendala tempat bagi PKL.

Kepala Dinas Perdaginkop dan UKM Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan, para PKL masih terkendala tempat berjualan. Oleh karena itu, ke depan pihaknya akan menyediakan tempat dengan melakukan kerja sama.

“Sebetulnya saat ini sudah melakukan penjajakan dengan PKL agar diikutsertakan pada pelaksanaan bazar murah nanti. Jadi mereka kesulitannya di tempat. Mereka juga saat ini ingin melaksanakan Bazar Ramadan, tapi tempatnya tidak ada. Mungkin ke depan kami akan gandeng mereka, ini juga kan sama dengan pemberdayaan PKL,” ujar Yoyo ditemui di lokasi bazar murah di Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (9/5/2019).

Ia menuturkan, bazar murah ini bertujuan untuk membantu golongan masyarakat menengah ke bawah dan menjaga kestabilan harga. Selain itu juga membantu menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang ada di Kota Serang, khususnya ritel.

“Saat ini kan kami melakukan kerja sama dengan delapan perusahaan ritel yang ada di Kota Serang. Ke depannya kami harapkan perusahaan-perusahaan ini bisa menyubsidi masyarakat Kota Serang. Sehingga daya beli mereka bisa meningkat dan secara ekonomi juga sejahtera,” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, bazar pasar murah tersebut merupakan program dari Pemkot Serang melalui Disperdaginkop dengan menjual paket sembako seharga Rp 10.000. Jika di pasaran, kata dia, harga paket sembako tersebut seharga Rp 115.000.

“Ini kan disubsidi. Jadi masyarakat cukup membayar Rp 10.000 saja. Tujuannya juga agar dapat membantu masyarakat, terutama yang tidak mampu untuk membeli paket ini. Selain membantu masyarakat juga untuk menekan harga sembako yang secara kebetulan di bulan puasa ini harga sembako naik,” katanya.

Syafrudin berharap dengan adanya paket sembako murah ini harga kebutuhan bahan pokok di Kota Serang bisa kembali stabil. Sedangkan untuk saat ini jumlah yang disiapkan oleh Pemkot Serang hanya mampu 500 paket sembako.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa naik menjadi 1.000 paket. Karena kan ini juga menyesuaikan APBD. Semoga paket sembako ini bisa bermanfaat sebaik-baiknya untuk kepentingan bulan puasa,” tuturnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here