Selasa, 11 Desember 2018

Tahun Ajaran Baru, Sekolah Gratis Mulai Diterapkan

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten menerapkan pendidikan gratis yang diprogramkan oleh pemerintah. Rencananya pendidikan gratis akan diterapkan pada ajaran baru 2018. Kepala Disdikbud, Engkos Kosasih mengatakan, penerapan pendidikan gratis pada Juli tahun ini, mengingat tahun ajaran baru dimulai pada Juli, karena sekolah menggunakan sistem tahun ajaran bukan tahun anggaran.

“Dengan menggunakan tahun ajaran, maka biaya pendidikan ke sekolah akan lebih bermanfaat. Perencanaan pendidikan gratis harus sesuai dengan sistem yang digunakan oleh sekolah, agar anggaran bisa dimanfaatkan secara maksimal,” katanya, Selasa (6/2/2018). Ia menuturkan, tahun ajaran baru akan di mulai pada Juli, Januari hingga Juni masih menggunakan sistem yang dibuat oleh sekolah masing-masing dan di selesaikan hingga Juli. Selanjutnya, di tahun ajaran baru semua kan diterapkan gratis sesuai dengan yang diinginkan pemerintah.

“Diselesaikan bersama pihak sekolah, kebijakan yang sudah berjalan persetujuan dari komite sekolah. Tahun ajaran baru semua sudah gratis tidak ada lagi pungutan yang nantinya akan dibebankan ke siswa dan orangtua,” ujarnya. Ia menuturkan, kebijakan sekolah yang sedang berjalan harus diselesaikan hingga Juni. Dari kebijakan sekolah hingga di tahun ajaran baru tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

“Harus diselesaikan, jangan sampai menahan ijazah peserta didik, karena belum melunasi biaya pendidikan, sosialisasikan kepada siswa dan orangtua untuk menyelesaikan tentang kebijakan sekolah, jadi sudah memasuki tahun ajaran baru tidak ada lagi sekolah yang akan melakukan pungutan,” ucapnya. Ia menuturkan, rencana Disdikbud Banten akan memberlakukan gaji guru honorer melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Gaji guru honorer berasal dari bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA). “Gaji guru berasal dari BOS jadi harus mempunyai rekening langsung ke gurunya, dengan adanya sistem transfer ini bisa memaksimalkan anggran BOS dan BOSDA untuk sekolah. Sekolah juga dapat memanfaatkan dana BOS tersebut untuk kegiatan sekolah KBM dan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan di sekolah,” tuturnya. (DE)*** 


Sekilas Info

2019, Untirta Miliki Fakultas Kedokteran

SERANG, (KB).- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan membuka Fakultas Kedokteran Universitas Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *