Tahun 2018, PMI Banten Menggelar 90 Kegiatan

SERANG, (KB).- Selama 2018, PMI Provinsi Banten tercatat telah menggelar sebanyak 90 kegiatan. Dari kegiatan sebanyak itu, 53 di antaranya kegiatan rutin. Sementara 37 kegiatan lainnya ditujukan untuk meningkatkan kapasitas PMI kabupaten/kota.

Demikian dikatakan Ketua PMI Provinsi Baten Ratu Tatu Chasanah dalam sambutan tertulisanya yang dibacakan Sekretaris PMI Provinsi Banten Rahmat Fitriadi pada Musyawarah Kerja PMI Provinsi Banten 2019 di Pusdiklat PMI Provinsi Banten Jalan Raya Serang Jakarta KM 5 Kalodram, Kota Serang, Rabu (30/1/2019).

Kapasitas organisasi

Menurut Tatu pada bidang peningkatan kapasitas organisasi, PMI Provinsi Banten telah menggelar kegiatan musyawarah kerja tahunan pada 2018, pelantikan dan orientasi pengurus baru 2017-2022, sosialisasi Undang -undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangemarahan, monitoring dan evaluasi , rapat rutin pengurus, markas, dan UDD, pelatihan master of ceremony bagi staf dan relawan, serta pembinaan/fasilitasi PMI kabupaten /kota pada beberapa kegiatan.

 

Pada bidang peningkatan pembinaan sukarelawan dan diklat telah dilakukan pelatihan manajemen pelatihan PMI, mengikuti temu karya sukarelawan tingkat nasional, pemberian 363 asuransi untuk relawan, pertemuan Forpis dan Forel, serta sosialisasi manajemen PMI di wilayah Kabupaten Serang.

Penanggulangan bencana

Pada bidang peningkatan penanggulangan bencana telah dilakukan  pengadaan peralatan personel Satgana, belanja rompi merah (telah dibagikan kepada delapan PMI kabupaten/kota), “cleaning kit dan higine kit” (sudah dibagikan kepada korban bencana tsunami beberapa waktu lalu di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang).

Kemudian simulasi posko dan logistik yang melibatkan kepesertaan pengurus, staf dan relawan. Kegiatan ini berlangsung pada 27–28 November 2018.

Selanjutnya  pelayanan posko PMI 24 jam, perpanjangan izin frekuensi radio dan mengalokasikan dana tak terduga/dana kontigensi. Penggunaan dana tersebut telah didistribusikan kepada kabupaten/kota sebagai bagian dukungan PMI Provinsi Banten terhadap penanganan bencana.

Pelayanan sosial

Pada bidang peningkatan pelayanan sosial, kesehatan dan donor darah telah dilakukan bimtek pengelolaan penyusunan laporan ADD  (diikuti 16 orang perwakilan dan tujuh Unit Donor Darah dan tujuh perwakilan Markas PMI kabupaten/kota), pelatihan CBHFA untuk staf dan relawan (diikuti 25 orang dari delapan kabupaten/kota se-Banten), sosialisasi panduan SOP program berbasis masyarakat, membuka pos pertolongan pertama siaga lebaran, Natal dan tahun baru, pengobatan gratis untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Tangerang, santunan anak yatim dan bagi masyarakat yang tidak mampu (100 paket) dan pembinaan UDD PMI  se-Banten sebanyak empat kali.

Pengembangan sumber daya

Pada bidang peningkatan pengembangan sumber daya telah dilakukan rapat teknis dan penyusunan panduan PSD PMI Provinsi Banten pada 19 April 2018. Kegiatan ini diikuti 32 peserta perwakilan PMI se-Banten . Kemudian pelatihan penulisan proposal yang diikuti 27 perwakilan dari delapan PMI kabupaten /kota dan provinsi.

Pada bidang peningkatan penyebarluasan nilai-nilai kemanusiaan/kehumasan telah dilakukan pembuatan foto booth, pelatihan kehumasan untuk 20 staf humas dan relawan perwakilan delapan kabupaten/kota pada 2-5 Mei 2018, survey kepuasan masyarakat penerima manfaat program di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Tangerang, pembuatan kalender 2019, kliping berita, pembuatan banner PHBN dan PHBI, pengadaan perangkat kehumasan, pembuatan buletin, serta pembuatan “slide show”

Pada bagian akhir, Tatu meminta agar pelaksanaan tugas -tugas kemanusiaan yang diemban dan dipersiapkan PMI Provinsi Banten dapat disinergikan dan didukung penuh pengurus PMI kabupaten/ kota.

“Dengan demikian apa yang kami perbuat dapat bermanfaat bagi khususnya PMI se-Banten dan umumnya masyarakat Banten sehingga Visi PMI yaitu PMI berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat dapat betul betul terwujud di bumi Banten yang kita cintai,” katanya.

Selain diikuti para pengurus PMI Provinsi Banten dan delapan PMI kabupaten dan kota, panitia juga mengundang 12 mitra kerja PMI Provinsi Banten. Ke-12 mitra kerja PMI tersebut adalah Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dinas Sosial Provinsi Banten, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, BPBD Provinsi Banten, Fokuswanda Provinsi Banten, RRI Cabang Banten, Kabar Banten, Bank bjb, Bank Banten, Bank BNI, dan Bank BRI. (Dindin)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here