Selasa, 11 Desember 2018

Tahanan Gagal Kabur

Upaya melarikan diri yang dilakukan oleh Samsul Bahri, tahanan kasus pencurian sepeda motor, digagalkan petugas keamanan Pengadilan Negeri (PN) Serang dan wartawan, Selasa (27/2/2018). Samsul mencoba kabur, setelah menjalani sidang dengan agenda vonis atau putusan.

Menurut saksi mata, Lulu Jamaludin, dari awal telah memperhatikan gerak gerik seorang tahanan yang mencurigakan. Sebab, tahanan tersebut terlihat mengamati kondisi sekitar dan duduk-duduk di luar sidang. Benar saja, saat situasi sepi, tahanan tersebut memanfaatkannya untuk kabur.  “Saya lagi ngopi bareng petugas keamanan di pos. Tiba-tiba ada tahanan lari sambil membuang kertas yang diketahui sebagai tuntutan jaksa,” ujar wartawan media online ini.

Setelah melihat tahanan itu membuang rompi tahanan Kejari Cilegon berwarna hijau, Lulu bersama petugas keamanan langsung mengejar tahanan tersebut. ” Kita langsung mengejar dan menangkapnya. Sekitar tiga langkah lagi dia sudah ke jalan raya,” katanya.

Saat ditangkap, tahanan tersebut sempat berusaha melawan. Namun karena dibantu dua petugas keamanan, tahanan tersebut tidak bisa berkutik.  “Awalnya sempat ngelawan, berontak pengen kabur. Tapi yang nangkap kami bertiga jadi bisa dipegangin dan kami serahkan ke petugas pengawal tahanan Kejari Cilegon,” tuturnya.

Sementara itu, Samsul seakan kebingungan dan ketakutan saat ditanya motifnya melarikan diri. Dia mengatakan, niatnya untuk kabur timbul setelah hakim membacakan vonis untuknya. “Tidak tahu (alasan kabur), pokoknya begitu vonis saya langsung pengen lari,” ucap Samsul. Samsul divonis oleh majelis hakim dengan pidana selama 1,5 tahun penjara. Dia dinilai telah terbukti melakukan tindak pidana pencurian motor tahun 2016 bersama rekannya Jani.

Samsul sempat menjadi buronan setelah rekannya Jani berhasil ditangkap petugas kepolisian. Saat menjadi buronan, Samsul bersembunyi di kampung halamannya di daerah Kabupaten Pandeglang dan menikah. Informasi keberadaan Samsul tersebut kemudian terendus petugas dan dilakukan upaya penangkapan. Oleh JPU Kejari Cilegon Samsul dituntut pidana penjara selama dua tahun. (Fahmi Sa’i)***


Sekilas Info

RSUD Kota Serang Siap Kerja Sama dengan BPJS

SERANG, (KB).- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Toyalis mengatakan, pembangunan tahap kedua Rumah Sakit Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *