Syafrudin-Subadri Dilantik di Situs Watu Gilang

SERANG, (KB).- Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang, Syafrudin-Subadri Usuludin rencananya akan dilaksanakan di Situs Watu Gilang, Kasemen, Kota Serang. Perubahan lokasi pelantikan tersebut merupakan arahan Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Asda I Kota Serang, Nanang Saepudin mengatakan, sesuai dengan arahan Gubernur Banten, bahwa pelaksanaan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang akan dilakukan di Banten Lama, tepatnya di Situs Watu Gilang. Perubahan lokasi tersebut sesuai dengan arahan Gubernur Banten.

“Dari hasil rapat kami dengan provinsi, akan dilakukan di Banten Lama yaitu di Situs Watu Gilang. Kalau tidak ada perubahan, ya di sana,” kata Nanang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (3/12/2018).

Dia menjelaskan, dipilihnya Situs Watu Gilang menjadi lokasi pelantikan, dengan alasan tempat tersebut merupakan tempat dilantiknya para sultan. Sehingga, gubernur meminta untuk dapat melaksanakan kegiatan di tempat tersebut. “Jadi dulunya di situ itu tempat dilantiknya para sultan-sultan. Jadi ya dipilihlah lokasi itu,” ujarnya.

Dia menuturkan, Pemkot Serang melakukan gladi resik jelang pelantikan kepala daerah tersebut. Nantinya di lokasi tersebut akan menampung para tokoh masyarakat, masyarakat dan lainnya sesuai dengan kapasitasnya. Setelah pelantikan usai, kedua kepala daerah akan melanjutkan kegiatan ke DPRD Kota Serang untuk penyampaian visi misi.

“Jadi Selasa (4/12/2018), kami akan lakukan gladi dulu. Nanti juga kan banyak masyarakat, tokoh masyarakat ataupun pendukung yang ikut. Tapi, tetap kami menyesuaikan kapasitas tempatnya. Setelah acara, langsung menuju DPRD. Besoknya, pemkot akan melakukan tasyakuran bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian TU Pimpinan dan Protokol Pemkot Serang, Kusna Ramdani menjelaskan, pergeseran lokasi pelantikan itu atas keinginan Gubernur Banten. Namun, hal tersebut masih menjadi jadwal sementara. “Ini juga masih sementara, tapi 90 persen pelantikan akan dilaksanakan di Banten Lama,” ucapnya.

150 undangan

Menurutnya, pemilihan kawasan Banten Lama sebagai tempat pelantikan kemungkinan gubernur ingin mengekspose wisata Banten Lama dan mempromosikan kawasan itu sebagai destinasi wisata. Undangan untuk menghadiri pelantikan itu, hanya terbatas sekitar 150 orang saja yang terdiri dari Pemprov Banten, Pemkot Serang, kabupaten/kota lain di Banten serta keluarga. “Namun, diprediksi akan lebih, mengingat ada para pendukung dan simpatisan,” katanya.

Dia mengatakan, pelantikan itu rencananya akan dimulai pukul 13.00 WIB. Selanjutnya Syafrudin-Subadri akan menghadiri rapat paripurna pukul 15.00 WIB di Gedung DPRD Kota Serang. Selanjutnya Kamis (6/12/2018) pukul 19.00 WIB, akan dilakukan tasyakuran pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang dengan seluruh ASN Pemkot, masyarakat, para pendukung dan simpatisan Syafrudin-Subadri yang telah menghantarkan keduanya terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang periode 2013-2018.

“Tasyakuran akan dilaksanakan di halaman Puspemkot Serang. Akan diisi juga dengan prosesi pedang pora dan tarian selamat datang serta ada tausiyahnya,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here