Jumat, 14 Desember 2018

Syafrudin-Subadri Dilantik 20 Desember

SERANG, (KB).- Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang Terpilih Periode 2018-2023, Syafrudin-Subadri Usuludin dijadwalkan digelar Kamis (20/12/2018). Syafrudin-Subadri akan dilantik oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim. Asisten Daerah (Asda) I Kota Serang, Nanang Saepudin mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang jadwal pelantikan.

“Untuk pelantikan dijadwalkan dilaksanakan 20 Desember 2018 nanti. Suratnya sudah turun dari Kemendagri,” katanya kepada wartawan saat menghadiri tasyakuran penetapan Syafrudin-Subadri di Cipocok Jaya, Senin (20/8/2018). Ia menjelaskan, dalam surat tersebut disebutkan, bahwa pengaturan pelantikan kepala daerah atau wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018 tetap mengacu dalam Pasal 163 hingga Pasal 165 Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016.

Pelantikan tahap kedua direncanakan pada Kamis (20/12/2018), diikuti oleh kepala daerah yang akhir masa jabatannya mulai Jumat (21/9/2018) sampai dengan Kamis (20/12/2018). “Sebelumnya kan direncanakan tanggal 5 Desember, tapi akhirnya diundur jadi 20 Desember 2018 diikuti juga oleh semua daerah yang melakukan pelantikan,” ujarnya.

Sementara, hasil paripurna pengumuman penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang kemarin hingga saat ini belum disampaikan ke Kemendagri. Hal tersebut, karena masih menunggu persyaratan lainnya. Jika telah persyaratan lengkap, Sekwan akan mengirimkan surat ke Kemendagri melalui Gubernur Banten. “Sekwan belum laporan terkait hasil rapat paripurna kemarin, karena masih menunggu persyaratan,” ucapnya.

Sementara, untuk penjabat, sesuai dengan syarat KPU, bahwa H-1 daftar calon tetap (DCT), Kemendagri meminta gubernur menunjuk penjabat kepala daerah. “H-1 harus sudah ada surat ketetapan dan 20 September 2018 suratnya akan keluar untuk Penjabat Wali Kota Serang,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Serang Terpilih, Subadri menuturkan, hingga saat ini belum mengetahui jadwal pelantikan. “Kalau pelantikan saya belum tahu kapan. Yang jelas lebih cepat lebih baik, kami serahkan mekanismenya kepada yang mengurusnya,” katanya. (TM)*


Sekilas Info

Pemuda Karang Taruna Lopang Indah Senang Ikut Senabung

Pemuda Karang Taruna Taman Lopang Indah yang terdiri dari Gelar, Azmi, Andre dan Rian, Jum’at …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *