Sungai Ciujung Berpotensi Jadi Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata (Dispar) Lebak bekerja sama dengan Komunitas Pencinta Air dan Lingkungan menggelar acara Susur Sungai 2019, Kamis (8/8/2019). Telusur yang dimulai di Sungai Ciujung itu bertujuan untuk menggali potensi wisata dan riset mendeteksi rawan longsor di sepanjang aliran sungai.

Plt Kepala Dispar Lebak Imam Rismayadin mengatakan, kegiatan telusur Sungai Ciujung dilakukan dalam rangka penelitian mendeteksi tempat-tempat rawan bencana longsor di sepanjang Sungai Ciujung. Bahkan, lebih jauh lagi pemeriksaan kualitas air bakupun dilakukan karena dikhawatirkan Sungai Ciujung terkontaminasi limbah industri.

“Harapan ke depan, output dari kegiatan telusur Sungai Ciujung ini bisa dijadikan destinasi wisata baru,” kata Imam Rahmayadin.

Ia mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan komunitas dan lembaga lainnya, seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), GenPI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana dan lainnya. Penyisiran melakukan perahu karet, menginvetarisasi kelemahan-kelemahan yang ada di Sungai Ciujung.

“Misalnya, keberadaan sampah masyarakat, pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah industri dan lain sebagainya,” ujarnya.

Setelah acara ini, sambung dia, pihaknya akan langsung melakukan evaluasi tentang apa saja yang harus dilakukan pembenahan agar Sungai Ciujung ini bisa menjadi indah dipandang mata, dan menjadi destinasi wisata.

“Sungai Ciujung yang secara letak geografis berada membelah Kota Rangkasbitung memiliki potensi untuk dijadikan destinasi wisata,” ucapnya.

Ketua Pelaksana kegiatan yang juga anggota Komunitas Pencinta Sungai dan Lingkungan, Jek Jajuli mengatakan, kegiatan ini untuk mendeteksi adanya pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh keberadaan sampah milik masyarakat yang dikhawatirkan membuat buruk kualitas air Ciujung.

“Setelah acara selesai, kami akan mencoba melakukan penindakan dengan cara membersihkan sampah yang ada di bantaran sungai. Kami berharap ke depan Sungai Ciujung akan dijadikan destinasi wisata. Bahkan, nanti berbagai event akan digelar di Sungai Ciujung. Semisal lomba ketangkasan perahu bisa getek, perahu karet dan lainnya,” tuturnya. (Lugay/Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here