Sulhi Klaim Kinerja Pemkot Serang Lebih dari 50%

SERANG, (KB).- Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir mengklaim, bahwa kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Serang lebih dari 50 persen. Menurut dia, sejauh ini visi dan misi wali kota dan wakil wali kota hampir seluruhnya telah dilaksanakan. “Pada waktu 2013, kalau menurut saya, bukan di bawah 50 persen, tapi kalau capaian anggaran hanya 80 persen. Dari anggaran satu triliun, 80 persennya digunakan,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (6/8/2018).

Ia mengatakan, ketika itu targetnya 90-95 persen. Akan tetapi, saat itu ada kebijakan yang berubah, antara lain terkait dana bantuan operasional siswa (BOS) dan bantuan sosial (bansos). “Dulu BOS masuk anggaran Pemkot Serang, tetapi kemudian itu dipisahkan, tidak lagi masuk. Maka berkurang, yang tadinya besar jadi berkurang. Kemudian, bansos dulu cukup dengan kuitansi. Begitu sistem baru banyak yang tidak terserap. Sehingga, masuk temuan,” ujarnya.

Selain itu, ada sistem baru terkait persyaratan tender. Pihak ketiga banyak yang tidak lulus, karena kekurangan syarat yang dibutuhkan. Akhirnya, anggaran tidak terserap. “Itu yang menyebabkan (target realisasi) anggaran tidak tercapai. Kalau kinerja di atas 50 persen,” ucapnya.

Sebelumnya, Fraksi Madani mencatat, kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) banyak yang di bawah 50 persen. Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi Madani, Iyus Gusmana dalam rapat paripurna agenda laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan (LKPj-AMJ) Wali Kota Serang periode 2013-2018.

“Dalam catatan ini perlu secara tegas mengulas tentang sejauh mana pencapaian visi dan misi yang telah disusun Wali Kota Serang untuk satu periode, misal pada aspek misi pembangunan dan peningkatan infrastruktur. Melihat pencapaian target kinerja dinas terkait masih di bawah 50 persen,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here