Suherman, Calon Rektor Untirta

Dr. H. Suherman, Ir.,MM.M.Si

Visi: Menjadi universitas yang diakui secara internasionl dalam pengajaran, penelitian, inovasi, publikasi pada tahun 2030. Misi: memajukan pengetahuan dan pembelajaran melalui penelitian dan pendidikan berkualitas untuk bangsa dan kemanusiaan. Menciptakan lulusan yang sangat intelektual secara menyeluruh melalui pendidikan multi-segi dan keterlibatan berkelanjutan dengan komunitas lokal, nasional dan global sehingga dapat bersaing secara global.

Menciptakan iklim akademik dan lingkungan kolaboratif yang terbuka untuk pertukaran gagasan secara bebas, tempat penelitian, kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan dapat berkembang sehingga dapat mendukung pencapaian visi universitas.

Tujuan : Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya, dan juga mencari aplikasinya untuk meningkatkan kualitas kehidupan di masyarakat dan memperkaya budaya nasional. Merekrut dan mempertahankan mahasiswa program vokasional, sarjana, pascasarjana, fakultas dan staf kelas dunia.

Menumbuhkan budaya dukungan untuk pengembangan professional dan pribadi. Memperkuat peran universitas Indonesia sebagai penyedia pendidikan tinggi, dan memperkuat kerjasama dengan asosiasi sertifikasi profesional, sehingga lulusan kami dapat memperoleh sertifikasi professional.

Meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan melalui kolaborasi dan kemitraan untuk pengayaan budaya danpendidikan. Membudayakan pendekatan interdisipliner untuk pemecahan masalah dengan cara melibatkan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan dalam pendekatan interdisipliner yang bermakna untuk menyelesaikan masalah.

Menumbuhkan budaya saling keterhubungan antara riset dan kreativitas pada setiap kegiatan eksplorasi yang luas dan salin gterkait, termasuk upaya kreatif, penemuan dasar, dan inovasi translasi.

Nilai Dasar Yang Akan Ditawarkan

Integritas: Menunjukkan nilai etika dan moral yang tinggi; bertindak dengan jujur dan tanpa pertimbangan keuntungan pribadi; berdiri dengan keputusan untuk kepentingan kebenaran dan keadilan tanpa rasa takut atau bantuan; tidak menyalah gunakan kekuasaan atau otoritas; tidak mentolerir perilaku tidak professional atau tidak etis; tidak meremehkan universitas.

Respek: Mengakui, memahami, dan menghargai keberadaan keanekaragaman di antara manusia dan yang ditunjukkan dalam pekerjaansehari-hari dan pengambilan keputusan; Memperlakukan semua orang dengan adil dan bermartabat dan terhormat terlepas dari ras, agama, jenis kelamin, atau posisi dalam organisasi; Terus melakukan intropeksi pada diri sendiri dalam bersikap terhadap orang lain untuk menghindari perilaku yang tidak pantas dan tidak adil.

Kebebasan Akademik: Mengakui peran utama Perguruan Tinggi sebagai lembaga yang memajukan dan menyebarluaskan pengetahuan; mendorong kegiatan yang menghasilkan dan menyebarluaskanp engetahuan yang bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan; Memiliki toleransi terhadap sudut pandang yang berbeda;

Menghargai dan mempromosikan ekspresi dan pertukaran berbagai ide; tidak terlibat dalam kegiatan illegal atau tidak bermoral dengan alasan pengejaran akademis; menjalankan kebebasan akademik dengan carayang bertanggung jawab dan etis; Memiliki semangat nilai dan mempromosikan hal-hal yang mengarah pada pertumbuhan intelektual dan pencerahan; pengurangan terhadap halter sebutakan menyebabkan kesesatan dan penurunan intelektual.

Berpikiran Terbuka: Mengakui, memahami, dan menghargai keberadaan keanekaragaman; mendengarkan gagasan dan sudut pandang meskipun mungkin bertentangan dengan sendiri; memiliki kerendahan hati untuk menerima bahwa seseorang mungkin tidak selalu benar; mendorong ekspresi ide dan sudut pandang yang dapat berkontribusi pada pengembangan intelektual bangsa dan kemanusiaan; bersikap adil dan bijaksana dalam menilai dan mengevaluasi gagasan dan sudut pandang yang dimiliki oleh orang lain.

Akuntabilitas: Memiliki rasa keadilan dan apa yang benar dan salah dalam melaksanakan tanggung jawab; mengambil kepemilikan dan menghormati semua komitmen terkait pekerjaan; melaksanakan tanggungjawab dalamwaktu yang ditentukan, biaya dan standar kualitas; beroperasi sesuai dengan peraturan dan aturan organisasi; mengawasi dan mendukung bawahan dan bertanggungjawab atas penugasan yang didelegasikan; bertanggungjawab kepada atasan untuk semua tindakan dan yang terkait dengan pekerjaan.

Profesionalisme: Menghargai hasil kerja dan prestasi; mengikuti perkembangan dalam profesi seseorang; terus berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi seseorang; menunjukkan kompetensi dan penguasaan materi pelajaran; bersungguh-sungguh dan efisien dalam memenuhi komitmen dan tenggat waktu organisasi; mampu menerima kritik dari orang lain dan menggunakannya untuk meningkatkan kinerja sendiri; mematuhi etika professional setiap saat; memberikan pengakuan kepada orang lain atas kontribusi mereka; tidak mengizinkan masalah, kepentingan pribadi untuk mengesampingkan kepentingan keadilan.

Meritokrasi: Rekrutmen, seleksi dan promosiakan didasarkan pada prestasi; menilai kinerja mahasiswa semata-mata berdasarkan prestasi akademik, keterampilan, dan kegiatan ekstrakurikuler mereka.

Kerjasama: Memupuk budaya kerja yang peduli dan hangat; bekerja secara kolaboratif dengan kolega; mentor anggota junior tim; meminta masukan dengan menghargai ide dan keahlian orang lain dengan tulus dan mau belajar dari orang lain; mendukung, mengambil kepemilikan, dan bertindak sesuai dengan keputusan universitas, bahkan ketika keputusan semacam itu mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan posisi seseorang; membagi kepemilikan pengetahuan dan kompetensi untuk pencapaian tim dan menerima tanggungjawab bersama atas kekurangan; tidak mengizinkan sasaran pribadi untuk merusak sasaran tim.

Kreativitas: Secara aktif berupaya meningkatkan program; tidak menolak yang baru dan yang tidak konvensional; terus-menerus mendorong diri sendiri kebatas pengetahuan baru; menyambut perspektif dan cara baru dalam memandang berbagai hal; periksa keyakinan dan kebiasaan yang telah lama dipegang; menghargai kekuatan imajinasi dalam diri sendiri dan orang lain; bersedia untuk berubah dan menerima perubahan.

Tanggung Jawab Sosial: Berkontribusi terhadap pembangunan bangsa; berpartisipasi dalam layanan masyarakat; menggunakan keahlian untuk kemajuan masyarakat dan bangsa; menghormati lingkungan dan keberlanjutannya.*

Dr. H. Suherman, Ir.,MM.M.Si, LEKTOR KEPALA, Pembina Tingkat I (IV/B), Dosen Fakultas Pertanian, Doktor Ilmu Pertanian Konsentrasi Pembangunan Pertanian 2015, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (2000-2003), Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian (2003-2007), Dekan Fakultas Pertanian (2009-2011), Ketua Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian (2016-2022).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here