Sudah Turun Hujan, BMKG : Masih Kemarau

SERANG, (KB).- Sejumlah wilayah di Kota Serang mulai diguyur hujan, Rabu (29/8/2019). Namun, bukan berarti hal tersebut pertanda musim kemarau sudah lewat.

Kepala Seksi Data dan Informasi pada Badan Meterelogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang Tarjono mengatakan, prakiraan awal musim penghujan untuk wilayah Kota Serang masuk pada dasarian I-III bulan Desember mendatang.

“Tetapi bukan berarti tidak ada hujan sama sekali dari Agustus sampai Desember,” kata dia, Kamis (29/8/2019).

Ia mengatakan, hujan yang terjadi kemarin bukan berarti sudah masuk musim penghujan. Tetapi, sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya siklon tropis podul diwilayah laut Cina Selatan.

“Selain terdapat siklon tropis di laut China Selatan, juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lokal,” ucapnya.

Ia menjelaskan, faktor-faktor lokal yang dimaksud adanya labilitas atmosfer ataupun pengaruh dari angin darat dan angin laut. Ia mengimbau, sebelum masuk musim penghujan pemerintah daerah dan masyarakat sebaiknya mulai memperbaiki drainase agar tidak terjadi banjir.

“Paling ya imbauannya sebelum masuk musim penghujan ada baiknya drainase diperbaiki atau dibersihkan,” ujarnya.

Sementara warga Kota Serang Parman bersyukur turunnya hujan di tengah kemarau panjang. Ia berharap, hujan yang turun bukan hanya terjadi sekali tetapi kembali turun di hari yang akan datang.

“Alhamdulillah, kalau kita merasa bersyukur, apalagi bagi masyarakat yang sudah kesulitan air bersih atau lahan pertaniannya yang kekeringan,” kata Parman yang merupakan warga Kecamatan Serang. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here