Subadri Usuludin: Pemkot Serang Akan Siapkan Nomor Darurat Medis

SERANG, (KB).- Wakil Wali Kota Serang terpilih, Subadri Usuludin berencana akan menyediakan telepon darurat atau emergency call untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Hal tersebut, untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama.

“Dari sisi kesehatan, di visi dan misi kami ada emergency call untuk memudahkan masyarakat Kota Serang terkait pertolongan pertama,” katanya kepada wartawan, Senin (3/12/2018).

Ia menuturkan, dia bersama Wali Kota Serang terpilih, Syafrudin akan melakukan peningkatan pelayanan kesehatan setelah resmi memimpin Ibu Kota Provinsi Banten.

Rencananya, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang yang akan menyediakan nomor-nomor darurat yang dibutuhkan masyarakat. Selanjutnya, warga yang menghubungi nomor darurat tersebut, akan tersambung pada Puskesmas atau layanan kesehatan, agar segera ditangani.

“Nanti Kominfo untuk membuat nomor yang dipanggil dan nanti setelah nomor darurat itu dihubungi, tim kesehatan langsung datang ke rumah pasien,” ujarnya.

Pihaknya akan menyediakan sumber daya manusia (SDM), seperti perawat dan dokter. Pasien dalam kondisi darurat tersebut, akan dijemput dengan tidak dikenakan biaya apapun atau gratis.

“Nanti ada perawat untuk menjemput secara gratis dan juga ada ambulans. Jumlah ambulans disesuaikan dengan anggarannya, maksimal dilakukan tahun 2020,” ucapnya.

Tak hanya membuat emergency call, rencananya status Puskesmas yang ada juga akan ditingkatkan. Peningkatan status akan berubah menjadi Puskesmas rawat inap, sehingga dalam rencana tersebut, tutur dia, pemerintah perlu menyediakan tenaga medis, alat kesehatannya, dan lainnya.

“Kami juga akan meningkatkan status Puskesmas menjadi rawat inap. Tentu pemerintah sudah harus mampu menyiapkan tenaga medis dan alat kesehatannya juga. Jadi, tidak ada lagi masyarakat lari ke mana-mana, karena di Puskesmas dokternya sudah ada,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here