Studi Banding ke Bantul, Iti Harapkan BUMDes di Lebak Sejahterakan Masyarakat

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya foto bersama Bupati Bantul Suharsono dan jajaran serta pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panggung Lestari, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat melakukan studi komparasi BUMDes, Sabtu (16/11/2019).*

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan pihaknya akan segera menyusun rencana kerja Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan menjadikan Desa Panggungharjo sebagai Role Model dan menambah motivasi bagi pengembangan desa serta membawa virus kebaikan bagi desa lainnya di Kabupaten Lebak.

“Akan segera kita susun rencana kerjanya, agar BUMDes di setiap desa akan membawa kesejahteraan bagi masayarakat,” ujar Iti saat melakukan Studi Komparasi ke BUMDes Panggung Lestari, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (16/11/2019).

BUMDes Panggung Lestari berhasil meraih penghargaan tingkat ASEAN, 4th ASEAN Leadership Award on Rural Development and Poverty Eradication satu minggu lalu di Nay Pyi Taw, Myanmar. Tid.

Penghargaan tersebut merupakan wujud penghargaan yang diberikan oleh masyarakat ASEAN atas kepemimpinan yang dipandang memegang peranan penting dalam pembangunan desa dan pengurangan kemiskinan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lebak bersama jajaran meninjau BUMDes Desa Panggungharjo guna melihat langsung role model yang digunakan desa tersebut dalam mengelola BUMDes, sehingga dianggap berhasil dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dihadapan Bupati Bantul, Suharsono dan jajarannya, Iti Octavia Jayabaya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Desa Panggungharjo atas diraihnya penghargaan BUMDes Panggung Lestari ditingkat ASEAN.

“Tidak salah tentunya kami hadir di Desa Panggungharjo untuk belajar dan menggali lebih jauh bagaimana manajemen dan tata kelola BUMDes oleh pemerintah Desa Panggungharjo,” kata Iti.

Ia mengatakan, apa yang telah diraih Desa Panggungharjo selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebak dengan visi sebagai Destinasi Wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal melalui 5 misi, yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, meningkatkan produktivitas perekonomian daerah melalui pengembangan pariwisata, meningkatkan ketersediaan infrastruktur wilayah, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Di tengah era yang semakin cepat ini, desa harus semakin adaptif dan kreatif dalam menyikapi perkembangan zaman, dimana Pemerintah Kabupaten Lebak terus mendorong setiap desa agar mampu memberikan keunggulan komparatif yang berbasis kearifan lokal setempat dan menjadi ikon yang bisa mengenalkan desa tersebut ke dunia luar, sehingga desa mampu menjadi desa yang mandiri, dan secara langsung berdampak pada peningkatan kesejahteraan warganya,” jelas Iti. (Lugay/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here