Stok Langka, Blangko e-KTP Hanya Dijatah 500 Keping

berobat Cukup dengan tunjukkan KTP

TANGERANG, (KB).- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Dedi Budiawan memastikan stok blangko e-KTP sudah langka.

Sementara jumlah yang disuplai dari Kementerian Dalam Negeri masih sangat terbatas. “Blangko lagi langka, masih dapat seminggu 500 keping,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, kebutuhan pencetakan e-KTP untuk pemohon baru, pemutahiran data dan pindah domisili mencapai 1000 keping per hari. Jumlah tersebut untuk mengakomodir warga yang berdomisili di tujuh kecamatan.

Dedi menuturkan, pihaknya telah menerima informasi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh bahwa pengadaan blangko e-KTP sedang dalam proses lelang.

“Kemungkinan blangko baru tersedia pas Agustus. Paling lambat September sudah normal lagi,” ujarnya.

Dedi menambahkan, selama ketersediaan blangko e-KTP langka maka setiap warga pemohon penerbitan dokumen kependudukan diberikan surat keterangan atau suket yang diterbitkan di masing-masing kantor kecamatan.

Meski dijatah, mantan Kepala Badan Kesbangpolinmas itu menegaskan, bukan berarti pelayanan tidak maksimal. Blanko diutamakan untuk perekam pemula atau warga masyarakat yang baru pertama membuat KTP-el, yakni mereka yang berusia 17 tahun.

Sedangkan bagi masyarakat yang sudah memiliki KTP-el sebelumnya, tetapi mau ngurus ulang akibat hilang, rusak, perbaikan data atau semacamnya akan dikeluarkan suket.

“Caranya dengan mengeluarkan surat keterangan atau suket. Suket bisa dimanfaatkan layaknya KTP-el. Hanya saja masa berlakunya enam bulan. Setelah itu diperpanjang lagi,” tandasnya.

Suket, sambung dia, memang harus dimanfaatkan saat ini mengingat stok blanko terus menipis. Bahkan, banding dia, kota maupun kabupaten lain ada yang sudah tidak memiliki blanko dan memberlakukan suket.

“Karenanya, yang sudah memiliki KTP-el agar bisa menjaganya dengan baik agar tidak sampai rusak maupun hilang,” imbuhnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here