Kamis, 21 Februari 2019

Status Sembilan Lahan Pemkot Cilegon, PT Krakatau Steel tak Berikan Opsi Pinjam Pakai

CILEGON, (KB).- PT Krakatau Steel (KS) mengatakan, tidak bisa memberikan pilihan pinjam pakai, untuk status sembilan lahan milik perusahaan yang digunakan Pemkot Cilegon. Perusahaan pelat merah tersebut, hanya bisa memberikan opsi sewa lahan atau pembebasan secara transaksional.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT KS, Rahmat Hidayat mengatakan, hal tersebut telah disampaikan kepada Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati. Menurut dia, opsi meneruskan MoU pinjam pakai terbentur Peraturan BUMN Nomor 4 Tahun 2017.

“Kalau MoU pinjam pakai diteruskan, itu tidak bisa. Meskipun itu hanya sementara, sampai pertengahan 2019. Sebab, aturan yang berlaku saat ini menyatakan, lahan milik BUMN itu harus sewa. Kalau diteruskan pinjam pakai melanggar namanya,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Cilegon Pertimbangkan Beli Lahan PT KS

Menurut dia, mekanisme pembayaran sewa lahan akan fleksibel. Mereka juga memaklumi pembayaran sewa tidak bisa langsung dilakukan Pemkot Cilegon, mengingat tidak adanya alokasi anggaran pada APBD 2019.

“Hal yang bisa dinegosiasi itu memang tentang mekanisme pembayaran. Jika waktu pembayaran diulur dulu, kami bisa saja. Tapi, kalau negosiasinya seputar menggunakan pinjam pakai dulu, itu tidak bisa,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk menginventarisasi lahan PT KS yang digunakan oleh Pemkot Cilegon, juga lahan-lahan lain yang digunakan sejumlah lembaga di luar Pemkot Cilegon.

“Kalau yang digunakan pemkot itu, kalau tidak salah 30 hektare lah, saya lupa. Nah itu sudah dilakukan appraisal oleh tim kami. Ada harga jual berapa, juga harga sewa. Ini sebagai harga dasar kami,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi sedang mempertimbangankan opsi sewa atau beli lahan PT KS. Ia mengapresiasi keterbukaan kerja sama dari perusahaan tersebut. “Ini memang sedang kami diskusikan. Untungnya Dirut KS (Hilmy Karim) orangnya cukup huble, komunikatif,” tuturnya. (AH)*


Sekilas Info

Tak Kunjung Mendapat Ganti Rugi, Warga Cikuasa Ancam Golput

CILEGON, (KB).- Warga Lingkungan Cikuasa Pantai dan Keramat Raya, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, ancam mengambil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *