Status Jalan Cibayawak-Pulomanuk Milik Pemkab Lebak

LEBAK, (KB).- Status Jalan Cibayawak-Pulomanuk, Kecamatan Bayah yang saat ini rusak merupakan jalan kabupaten atau milik Pemkab Lebak. Jalan tersebut, tahun ini rencananya akan diperbaiki dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Cemindo Gemilang (CSR).

“Benar, status jalan Cibayawak-Pulomanuk itu memang milik Pemkab Lebak. Soal kerusakan jalan, tahun ini akan diperbaiki dari dana CSR PT CG,” kata Kepala bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak, Hamdan S, Kamis (13/2/2020).

Ia mengatakan, panjang jalan yang mengalami kerusakan sekitar 500 meter, dengan usulan perbaikan yang diajukan sepanjang 2 kilometer. Namun, pihaknya tidak mengetahui persis berapa nilai anggara dari CSR tersebut.

“Perbaikan diusulkan 2 kilometer, dan kondisi jalan yang rusak 500 meter. Saya tidak tahu berapa nanti realisasinya,” ujarnya.

Baca Juga : Status Jalan Cibayawak-Pulomanuk Disoal

Sebelumnya, sejumlah warga mendesak Pemkab Lebak menjelaskan status jalan Cibayawak-Pulomanuk menuju wisata Sawarna. Kepastian diperlukan agar tidak ada simpang siur terkait penaganan jalan yang kini rusak tersebut.

Salah seorang tokoh muda Lebak Selatan, Yayat mengatakan, jalan Cibayawak-Pulomanuk saat ini kondisinya rusak parah. Kondisi itu terkesan dibiarkan dan tidak status kepemilikannya.

“Bingung, jalan itu milik Pemkab Lebak atau milik perusahaan. Padahal, kondisi jalan rusak sudah sangat membahayakan dan menghambat perkembangan pariwisata,” katanya.

Menurut Yayat, jika jalan tersebut masih milik Pemkab Lebak, maka seharusnya tidak dibiarkan dalam keadaan rusak yang sekarang ini kondisinya seperti kubangan kerbau.

“Kalau statusnya jalan Pemda Lebak, kenapa dibiarkan rusak dan dikuasai kendaraan besar yang berkepentingan dengan pabrik semen,” ujarnya.

Terpisah, salah seorang mantan anggota DPRD Lebak, AM Erwin KS mengatakan, Pemkab Lebak maupun PT Cemindo harus menjelaskan soal status jalan tersebut. Jangan sampai, isu jalan tersebut akan digunakan sebagai jalan perusahaan dengan dalih jalan Cibayawak dialihkan ke jalan Sindang – Purwodadi Pulomanuk terus menjadi bola liar.

“Dulu waktu, saya masih di dewan ada selentingan informasi akan ditukar atau dialihkan ka jalan ke jalan Sindang-Purwodadi -pulomanuk. Info itu langsung ditolak oleh warga dan kejelasan jadi atau tidaknya tidak jelas. Karena itu kami minta Pemda Lebak maupun PT Cemindo segera menjelaskan atau menjawab supaya tidak salah informasi,” katanya. (DH/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here