SPBU Mandala Jadi Terminal Bayangan

LEBAK, (KB).- Area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Mandala, Desa Kaduagung, Kecamatan Cibadak, sejak beberapa bulan terakhir ini kerap dijadikan tempat mangkal atau terminal bayangan oleh sejumlah angkutan kota (Angkot) jurusan Rangkasbitung-Pandeglang.

Berdasarkan pantauan Kabar Banten, Sabtu (30/12), sejumlah angkot tersebut tidak hanya memanfatkan SPBU Mandala sebagai terminal pada siang hari, melainkan hingga malam hari.
Bahkan, bila penumpang yang akan menggunakan jasa angkot Rangkasbitung-Pandeglang tersebut dirasakan sudah sepi, maka SPBU Mandala pun digunakan pula sebagai garasi untuk bermalam sejumlah angkot.

Taufik, salah seorang pengendara sepeda motor yang ditemui usai mengisi premium di SPBU tersebut, mengungkapkan rasa herannya, terhadap sejumlah angkot yang setiap hari mangkal di area SPBU Mandala. Menurutnya, akibat akivitas terminal bayangan tersebut dilakukan sejak siang hingga malam, maka tidak jarang keberadaan angkot tersebut mengganggu kenyamanan para pengendara lain yang akan membeli bahan bakar di SPBU tersebut.

“Anehnya, lokasi SPBU Mandala tidak terlalu jauh dengan lokasi Terminal Mandala, tetapi kenapa sejumlah angkot khususnya jurusan Rangkasbitung-Pandeglang menyimpang dan mencari penumpang disekitar SPBU Mandala,” ujar Taufik, Minggu (31/12/2017).

Mengingat kerap mengakibatkan ketidak nyamanan terhadap para pengendara yang akan membeli bahan bakar, Taufik mengharapkan ada tindakan tegas dari Dinas Perhubungan (Dishub) atau pihak Polisi Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lebak. “Rasanya, sangat tidak pantas banyak angkot diarea SPBU. Selain merusak pemandangan, saya nilai juga mengganggu ketertiban aktivitas diarea SPBU Mandala,” katanya.

Wira, Bagian Operasional Dishub Lebak, yang dikonfirmasi terkait SPBU Mandala yang kerap dijadikan tempat mangkal sejumlah angkot menegatakan, pihaknya akan segera mengambil langkah tegas bagi angkot yang memanfatkan area SPBU menjadi terminal bayangan.

“Selama ini, disaat ada petugas Dishub melakukan patroli disekitar jalan raya di depan SPBU Mandala, kami jarang melihat sejumlah angkot berada area SPBU. Tetapi kalau kami sedang tidak patroli ke jalan tersebut, mungkin saja ada sejumlah angkot yang membandel. Namun saya janji, angkot yang berada diarea SPBU Mandala, akan kami tertibkan secepatnya,” tegas Wira. (Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here