Sosialisasikan Sensus Penduduk Online, BPS Banten Kunjungi Uniba

BPS Banten mengunjungi Uniba menyosialisasikan sensus penduduk online, di Aula Uniba, Selasa (18/2/2020).*

SERANG, (KB).- Badan Pusat Statistik (BPS) Banten mengunjungi Universitas Bina Bangsa (Uniba) untuk menyosialisasikan sensus penduduk online, di Aula Uniba, Selasa (18/2/2020). Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengedukasi generasi milenial tentang sensus penduduk 2020.

Kepala BPS Banten Adhi Wirana mengatakan, pihaknya ingin memberitahukan tentang data statistik kepada pengguna data terutama pada mahasiswa. Kemudian, sensus penduduk 2020 tersebut sekarang menggunakan sistem online.

“Kami berharap mahasiswa sebagai generasi milenial juga dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan sensus penduduk. Pelaksanaan sensus akan menggunakan metode kombinasi, petugas akan menggunakan data dasar dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), kemudian dilakukan sensus berbasis daring secara mandiri menggunakan registrasi,” kata Adhi kepada Kabar Banten.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, mahasiswa dapat melakukan sensus penduduk mandiri secara online, dengan mengunjungi laman http://sensus.bps.go.id. Selain itu, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman bersama Uniba.

“Sensus penduduk online dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020. Data statistik tersebut juga bisa menjadi referensi mahasiswa ketika menyusun skripsi. Kami berharap ke depan perencanaan kependudukan bisa lebih fokus terkait dengan peningkatan, jalan, pendidikan. Dengan penduduk banyak faktor yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Uniba Jaka Wijayakusuma berharap, kerja sama antara BPS Banten dan Uniba sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pengabdian kepada masyarakat. Sosialisasi sensus penduduk tersebut juga untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mahasiswa untuk tahu data statistik.

“Kami berharap dari kerja sama tersebut mahasiswa Uniba bisa menjadi sahabat sensus ataupun menjadi relawan sensus,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here