Sosialisasi Program KKBPK BKKBN, Jumlah Penduduk Perlu Dikendalikan

SUASANA Sosialisasi Advokasi Program KKBPK bersama Mitra Tahun 2019 yang dilaksanakan BKKBN di Halaman Hotel Regal, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (13/3/2019).*

SERANG, (KB).- Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan BKKBN Provinsi Banten Drs.Budoyo mengatakan, pertumbuhan penduduk di Indonesia perlu dikendalikan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya dampak negatif dari pertumbuhan jumlah yang tidak terkendali.

Hal tersebut disampaikannya dalam Sosialisasi Advokasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama Mitra Tahun 2019 yang dilaksanakan BKKBN di Halaman Hotel Regal, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (13/3/2019). “Pengendalian jumlah penduduk dilakukan pemerintah melalui Program KB,” katanya.

Salah satu dampak pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, adalah adanya gesekan sosial. Gesekan tersebut bisa karena semakin padatnya jumlah penduduk. “Adanya Program KB BKKBN untuk mengantisipasi adanya gesekan kepadatan penduduk,” ujarnya.

Menurut dia, Program KB tidak semata bertujuan untuk mengendalikan jumlah penduduk. Program juga diarahkan untuk membangun keluarga Indonesia. “Sehingga, keluarga di Indonesia dapat menjadi keluarga yang berkualitas,” ucapnya.

Senada, anggota Komisi IX DPR RI Yayat Y Biaro menuturkan, Program KB yang digencarkan pemerintah penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas penduduk di Indonesia. Program tersebut, perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Makanya, kami bersama BKKBN melakukan sosialisasi ke masyarakat, agar masyarakat memahami secara utuh apa yang ada dalam Program KB,” tuturnya. (SN/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here