Sosialisasi Pembangunan Keluarga, BKKBN Ajak Warga Hindari 4T

SERANG, (KB).- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra 2019 bertajuk “Generasi Berencana (Genre) Menuju Generasi Emas Tahun 2045” di Wanda Galuh, Jumat (22/3/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam menyosialisasikan program BKKBN salah satunya 4T yang harus dihindari dalam berkeluarga, yakni menghindari melahirkan terlalu muda, terlalu banyak (anak), terlalu rapat (jarak kelahiran), dan terlalu tua.

Kabid Pembangunan Keluarga pada BKKBN Provinsi Banten Nafis menuturkan, jika empat T sudah dilaksanakan, maka Program KB sudah bisa berjalan dengan baik. Ia meminta empat T tersebut, bisa dijalankan oleh masyarakat. “BKKBN punya slogan 4T,” ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat yang belum menikah untuk merencakan usia pernikahan secara matang. Bagi perempuan, usia pernikahan yang ideal adalah 21 tahun, sementara laki-laki 25 tahun.

Anggota Komisi IX DPR RI Yayat Y Biaro menuturkan, program pengendalian kependudukan penting dilaksanakan di Indonesia. Program tersebut dapat mengendalikan jumlah dan kualitas kependudukan.

“Program KB saat ini sedang jadi favorit, belakang Program KB dilakukan oleh beberapa negara di dunia, karena KB sukses dalam pengendalian penduduk,” ucapnya. (SN/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here