Sosialisasi Melalui Lagu, UPI Ajak Masyarakat Jaga Cibanten

UPI Kampus Serang membuatkan lagu Cibanten sebagai bentuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan Kali Cibanten, Ahad (8/12/2019).*

SERANG, (KB).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan Cibanten melalui lagu Program Kali Bersih (Prokasi) Cibanten. Program yang sudah berjalan tersebut, kini dibuatkan lagu untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang sejarah kali tersebut.

“Lagu tersebut berkisah tentang sejarah Cibanten pada zaman dahulu, yakni lingkungannya lestari serta banyak binatang hidup yang bergantung hidup pada kali tersebut. Cibanten sebagai urat nadi perekonomian dan pernah jaya,” kata Penggagas Prokasi yang juga Direktur UPI kampus Serang Herli Salim kepada Kabar Banten, Ahad (8/12/2019).

Melalui lagu itu juga banyak lirik mengajak masyarakat membersihkan Cibanten, seperti lirik Cibanten memanggilmu, Cibanten menantimu, uluran tangan dan amal baktimu.

“Kami berharap jika Cibanten bersih, maka akan membangun kembali kejayaan negeri. Dalam waktu dekat, lagu tersebut akan dihakpatenkan. Prokasi Cibanten juga menjadi bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik UPI Kampus Serang,” ujarnya.

Ia mengatakan, prokasi menjadi program berkelanjutan untuk mengedukasi masyarakat sepanjang daerah aliran Cibanten untuk tidak membuang sampah. Program KKN tersebut terdiri atas kegiatan aksi yakni melalui aksi nyata untuk mencontohkan kepada masyarakat dan aksi prokasi road to campus.

Selain itu, melalui edukasi yakni memberikan kesempatan dan ruang bagi masyarakat untuk belajar bersama tentang pengelolaan sampah dan pemanfaatannya.

“Kami juga memberikan fasilitas yakni masyarakat mulai berbenah dengan fasilitas yang telah disediakan seperti memberikan bibit tanaman, dan alat kebersihan. Serta adanya organisasi bank sampah masyarakat yang dibentuk, kini masyarakat dapat memanfaatkan sampah,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here