Minggu, 18 November 2018

Solar Langka, Nelayan Labuan Mogok Melaut

PANDEGLANG, (KB).- Dalam sepekan terakhir ini, sejumlah nelayan Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang mengeluhkan kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Akibat kelangkaan solar, mayoritas nelayan asal Labuan terpaksa mogok melaut.

Menurut nelayan, kelangkaan solar tersebut terjadi pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Desa Teluk, Kecamatan Labuan. Wakil Ketua Nelayan Labuan Herman Pratama mengatakan, akibat kelangkaan bahan bakar tersebut nelayan tidak bisa melaut. Karena mogok melaut, nelayan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

“Sudah sekitar enam hari solar di SPBN tidak ada, bahkan tadi siang sempat ada pasokan solar, namun langsung habis sehingga pasokan solar itu tidak mencukupi kebutuhan untuk melaut,” kata Wakil Ketua Nelayan Labuan, Herman Pratama kepada Kabar Banten, Jumat (2/11/2018).

Menurut dia, kelangkaan tersebut terjadi karena banyaknya nelayan dari luar Kecamatan Labuan yang membeli solar di SPBN Teluk Labuan. Sehingga, pasokan solar untuk para nelayan Labuan tidak mencukupi.

“Kita mendapatkan informasi dari teman-teman nelayan, ternyata banyak nelayan dari luar Labuan seperti dari Panimbang membeli solar ke SPBN Labuan. Padahal di Panimbang juga ada SPBN, ini harus menjadi perhatian pemerintah terutama dinas yang menangani BBM,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Pandeglang, H. Iyu Ahmad Khuwailid mendesak pemerintah daerah segera turun tangan menyikapi persoalan kelangkaan solar di masyarakat nelayan tersebut. Sebab, jika kelangkaan bahan bakar untuk kapal nelayan tersebut dibiarkan, maka akan menambah kesulitan nelayan.

“Kalau kelangkaan solar ini dibiarkan, pasti nelayan tidak bisa melaut, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Apalagi, pendapatan nelayan hanya dengan menangkap ikan, karena tidak memiliki keahlian lain. Nanti saya akan sampaikan kepada dinas terkait,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Wowon Dirman yang dikonfirmasi beberapa kali melalui telepon genggamnya masih sulit dihubungi. Telepon genggamnya dalam keadaan tidak aktif. Selain itu, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Winarno saat dihubungi melalui telepon genggamnya juga tidak aktif. (IF)*


Sekilas Info

Pemilih Pemula Perempuan Diberikan Pendidikan Politik

PANDEGLANG, (KB).- Pemilih pemula perempuan diberikan pendidikan politik dalam kegiatan “Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula Perempuan”, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *