SMK Pertanian Kota Serang ”Outing Class” ke Museum Negeri Banten

SERANG, (KB).- SMK Pertanian Kota Serang mengajak siswa siswa-siswi melakukan outing class ke Museum Negeri Banten di Kota Serang, Jumat (14/9/2018). Kunjungan tersebut, untuk mengenal sejarah di Provinsi Banten.

“Outing class ini, karena di sekolah kami belajar mata pelajaran sejarah, jadi kami sebagai guru sejarah juga ingin memberikan pengalaman dan pembelajaran lain, yakni mengunjungi Museum Negeri Banten. Di sini anak-anak akan belajar kisah masa lalu dan langsung dipandu oleh pemandu Museum Negeri Banten,” kata Guru Pembimbing Mata Pelajaran Sejarah, Iman Sentoso kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, di museum para siswa belajar dan mengamati setiap koleksi yang ada di museum dan bertanya langsung kepada pemandu museum jika belum jelas. Belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas, namun bisa juga di luar kelas, siswa yang mengikuti kunjungan tersebut sebanyak 30 siswa kelas 10.

“Bergantian berkunjung ke Museum Negeri Banten ini, hanya di pelajaran sejarah kami akan outing class dan anak-anak sangat antusias serta mereka akan diberi tugas apa yang mereka dapatkan selama berkunjung ke museum ini,” ujarnya.

Museum tersebut, ucap dia, bentuk untuk melestarikan dan mewariskan nilai-nilai budaya yang ada di Banten kepada generasi muda, agar tidak hilang ditelan zaman. Menurut dia, belajar sejarah kalau belum mengunjungi museum berasa ada yang lain, museum tersebut sebagai pembelajaran yang penting untuk didatangi.

“Saya ingin memberitahukan akan peninggalan-peninggalan akan sejarah, tidak hanya melihat dari gambar dan video-video saja, tapi datang langsung ke museum, agar mereka tahu. Mudah-mudahan anak-anak semakin cinta tentang peninggalan-peninggalan sejarah dan tidak melupakan masa lalu dan untuk menambah pengetahuan mereka juga,” tuturnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here