SMK Informatika Kota Serang Terapkan Belajar Daring

SERANG, (KB).- SMK Informatika Kota Serang menerapkan pembelajaran daring kepada siswa, sebagai upaya pencegahan coronavirus disease (Covid-19) yang sangat mengkhawatirkan. Penerapan pembelajaran tersebut merupakan rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten.

“Selama diliburkan siswa tetap belajar menggunakan laman resmi http://elearning.smkin.id. Sebelum penerapan tersebut guru-guru diberikan pelatihan satu hari untuk dibuatkan akun kemudian mengelola pelajaran, dimulai membuat kelas, materi serta mengirimkan modul pembelajarannya di e-learning dan membuat kuis atau ulangan harian,” kata Wakil Kepala SMK Informatika Kota Serang Dede Muri Maulana, di SMK Informatika Kota Serang, Selasa (17/3/2020).

Ia menjelaskan, siswa dapat mengakses laman tersebut dengan diberikan username dan password untuk masuk ke kelas online. Nantinya siswa bisa mendownload materi, serta mengerjakan ulangan harian. Guru bisa menyeting ulangan harian, dengan minimal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) misalnya 75.

“Jika belum lulus siswa harus mengulang kuis sampai lulus. Selain itu, siswa yang kesulitan bisa diskusi di kelas online. Guru harus membuat tugas dan materi seperti jam pelajaran seperti biasanya, sehingga dianggap hadir, jika tidak memberikan tugas maka dianggap alpa,” ujarnya.

Ia menuturkan, ketua jurusan dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum akan memonitoring setiap hari proses pembelajaran online tersebut. Pembelajaran tersebut diikuti di semua kelas. Pihaknya berharap dalam kondisi diliburkan siswa tetap mendapatkan ilmu dari gurunya.

“Meskipun tidak datang ke sekolah siswa tetap mendapatkan ilmu. Kami berharap dapat segera kembali normal serta kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Selain itu, ujian nasional dan ujian sekolah berbasis nasional agar segera bisa diselenggarakan,” tuturnya.

Ia meminta agar siswa tidak melakukan aktivitas di luar rumah serta tetap menjaga kesehatan, yakni dengan menjaga kebersihan rajin menggunakan hand sanitizer untuk mencegah virus. “Tetap jaga kebersihan menjaga pola hidup bersih dan sehat,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here