”Skytrain” Bandara Soetta Beroperasi 17 September

TANGERANG, (KB).- Pihak PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap dioperasikan untuk melayani pengangkutan penumpang dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya pada Ahad (17/9/2017) mendatang. “Semua sudah siap, tapi kami masih menunggu izin operasional dikeluarkan Direktur Jenderal Perkeretaapian,” kata Juru Bicara PT AP II, Yado Yarismano, Rabu (13/92017).

Ia mengatakan, jika melihat kondisi dan hasil uji coba selama sebulan terakhir ini, baik gerbong skytrain maupun infrastruktur penunjangnya, seperti lintasan, sistem kelistrikan, dan selter sudah siap digunakan. “Lintasan bolak-balik sudah beres. Selter sudah siap pakai,” ujarnya.

Besok atau Kamis (14/9/2017), akan dilakukan verifikasi bersama untuk kelaikan skytrain, lintasan, dan kelistrikan. Verifikasi akan dilakukan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, PT AP II, PT Wika, dan PT Len Industri. “Hasil verifikasi besok akan ditindaklanjuti dengan pengeluaran izin operasional dari Dirjen Perkeretaapian,” ucapnya.

Skytrain adalah kereta canggih berbasis automated people mover system (APMS) yang dilengkapi sistem automated guideway transit (AGT) dengan ban karet yang dilengkapi pengarah dan berpenggerak sendiri atau self propelled. Kecepatan operasi skytrain dapat mencapai 60 kilometer per jam. (H-36)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here