SK Gubernur Belum Terbit, Pelantikan Anggota DPRD Lebak 2019-2024 Batal Digelar

LEBAK, (KB).- Prosesi pelantikan 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak periode 2019-2024 yang sedianya akan dilaksanakan Senin 19 Agustus 2019, batal digelar.

Hal itu terjadi karena Surat Keterangan (SK) Gubernur Banten belum diterbitkan. Salah seorang caleg terpilih, Abdul Rohman mengaku kecewa dengan dibatalkannya proses pelantikan yang sediannya dilaksanakan 19 Agustus 2019.

Padahal, para calon legislatif (caleg) telah mengikuti gladiresik dan mengambil seragam atau jas pelantikan. “Kami sangat menyayangkan kenapa pelantikan sampai diundur dari jadwal yang seharusnya. Sebab, para caleg terdahulu SK nya sudah habis hingga 18 Agustus 2019,” kata pria yang akrab disapa Komeng kepada awak media, Senin (19/8/2019).

Ia belum tahu kapan waktu pelantikan dilaksanakan. “Kita juga belum tahu kapan waktu pasti pelantikannya, padahal masa jabatan anggota terdahulu sudah habis,” ujarnya.

Hal hampir senada disampaikan caleg terpilih lainnya, Agus Ider Alamsyah. Ia mengaku kecewa prosesi pelantikan ditunda. Hal itu tentu menjadi preseden buruk, karena tidak ada koordinasi antar pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan pelantikan tersebut.

“KPU, Pemkab Lebak harusnya proaktif menanyakan ke Pemprov Banten mengenai kepastian pelantikan. Jangan sampai, informasinya simpang siur,” ucapnya.

Diagendakan 26 Agustus 2019

Sementara, Asda I Pemkab Lebak Alkadri membenarkan pelantikan caleg terpilih periode 2019-2024 ditunda. Hal tersebut karena SK Gubernur Banten yang tak kunjung terbit. “Ya betul ditunda. Berdasarkan hasil musyawarah semua pihak insya Allah targetnya 26 Agustus 2019,” ucap Alkadri.

Menurut Alkadri, selama belum adanya pelantikan caleg terpilih, anggota DPRD Kabupaten Lebak terdahulu masih menjabat. Namun, tidak akan mendapat salery atau honor. “Karena anggaran untuk penggajiannya kan sudah habis,” tuturnya. (Lugay/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here