SK ASN Pemprov Banten Turun Maret

SERANG, (KB).- Surat keputusan (SK) pengangkatan sebanyak 270 aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Banten hasil seleksi akhir 2018, diperkirakan turun Maret 2019. Penertiban SK tersebut akan disertai dengan pemberian nomor induk pegawai (NIP).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, mereka merupakan nama-nama yang lolos pada seleksi CASN 2018. Seluruh CASN tersebut, kata dia, telah melakukan pemberkasan pada Januari 2019. Pemberkasan juga sudah ditindaklanjuti dengan usulan SK pengangkatan.

“Proses selanjutnya menunggu SK pengangkatan terbit. Pemberkasan (CASN) selesai, dari situ diproses SK-nya. Kalau enggak salah Maret infonya (SK) pengangkatan terbit. Tinggal SK dan NIP (nomor induk pegawai),” ujarnya kepada wartawan.

Setelah menerima SK, selanjutnya mereka akan mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan. Tahapan ini akan dilakukan secara bergiliran.

“Prajabatan kemungkinan April karena SK dari sana (pemerintah pusat). Prajabatan itu kan diberi waktu setahun kemudian jadwalnya sesuai kondisi. Satu angkatan paling dua kelas, 80 orang, jadi nyambung saja terus,” ucapnya.

ASN baru yang belum kebagian waktu diklat, kata dia, kemungkinan akan tetap bekerja. Ia juga melihat kemungkinan ada proses magang bagi ASN yang belum mendapatkan waktu diklat prajabatan.

“Ada yang bekerja dulu kemudian ada yang menunggu giliran (diklat prajabatan) atau ada yang langsung prajabatan. Mungkin juga kita akan magangkan, lagi kita pelajari,” ucapnya.

Lokasi magang sendiri akan disesuaikan dengan formasi ASN. Misalnya, ASN yang terpilih untuk formasi keuangan bisa dimagangkan di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Harus penjajakan dulu dengan instansi yang akan kerja samanya,” tuturnya.

Sekretaris BKD Provinsi Banten Ganis Diponegoro membenarkan, pihaknya sudah mengirim usulan SK pengangkatan ke BKN bagi ASN baru.

“NIP sudah diusulkan ke BKN. Kita tinggal nunggu saja. Kalau jumlah yang diusulkan masih tetap yaitu 270 orang. Itu mereka yang lulus tes CASN,” katanya.

SK pengangkatan yang nanti diberikan BKN akan langsung diserahkan kepada para ASN oleh Gubernur Banten.

“Nanti penyerahan SK itu dilakukan oleh Pak Gubernur Banten (Wahidin Halim) kepada CPNS (CASN). Selanjutnya mereka akan mengikuti prajabatan di BPSDMD (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah) Banten,” ujarnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here