Kamis, 20 September 2018

Situs PPDB Online Provinsi Banten Eror, Pakar IT Sarankan Begini

SERANG, (KB).- Praktisi Information and Teknologi (IT), H. Boyke Pribadi menyayangkan situs web Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Provinsi Banten tidak menggunakan https, tapi lebih memilih http. “Sangat disayangkan. Padahal, https lebih secure (aman) ketimbang http,” kata H. Boyke Pribadi dihubungi kabar-banten.com melalui telepon genggamnya, Jumat (22/6/2018).

Dikemukakan, http adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Merupakan sebuah protokol yang berguna untuk komunikasi antara sistem yang berbeda. “Biasanya, http lebih sering digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website. Ini dapat Anda temukan ketika mengakses website yang letaknya di awal nama domain,” kata Boyke.

Menurut Boyke, sering kali ada masalah jika website menggunakan http. Sebab, data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak dienkripsi, sehingga pihak lain dapat menyalahgunakannya. Ditegaskan, untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan versi yang lebih aman, yaitu https. Huruf S mewakili kata secure, yang artinya aman.

Sementara https, tambah Boyke, singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. “Ini bisa ditemukan ketika mengunjungi sebuah website yang memiliki fitur untuk transaksi pembayaran atau fasilitas untuk login,” katanya.

Ditegaskannya, kebanyakan website yang menggunakan https akan otomatis melakukan redirect ke https ketika diakses melalui http://. Dijelaskan, https juga menggunakan TCP (Transmission Control Protocol, red) ketika akan mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yang dienkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security, red).

“Ketika kita mengunjungi sebuah website dengan https, maka browser akan mengecek apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika terhubung, akan terjadi yang namanya SSL handshake,” ungkapnya.

Browser, kata dia, akan memvalidasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid. Selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi. Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu, koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan ditandai gembok berwarna hijau dan https sebelum nama domain.

“Saya sangat menyarankan, jika membuat website dengan fasilitas login dan digunakan untuk sebuah kegiatan penting, maka sebaiknya memakai https. Tujuannya, agar tidak mudah disusupi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Baca Juga: PPDB Online Kusut, Gubernur Banten Cemberut

Sebelumnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim tampak gusar saat memantau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. PPDB online tingkat SMA/SMK di Provinsi Banten mulai dibuka pada Kamis (21/6/2018) ini.
Namun dalam pelaksanaannya mengalami kendala. Terjadi server eror sehingga masyarakat kesulitan untuk melakukan prosesi pendaftaran.

Pria yang akrab disapa WH itu terlihat cemberut begitu mengetahui masalah PPDB online yang kusut di lapangan. Ia melakukan monitoring langsung di Ruangan Command Center, Pemprov Banten. (KO)*


Sekilas Info

FISIP Untirta dan HIPIIS Gelar Seminar Nasional, Ilmuwan Sosial Dituntut Terus Berinovasi

SERANG, (KB).- Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan …

2 comments

  1. Adik saya masuk SMAN 5 KOTA SERANG, tp dari alamat seharusnya kota serang,saya salah isi malah jadi kabupaten, lalu ingin saya ubah ternyata gabisa. Mohon bantuannya pak buu

  2. Dinas pendidikan Dan kebudayaan provinsi banten memiliki hutang atas proyek pengadaan komputer unbk banten 2018 yang telah berlangsung melalui e-purchasing (LKPP) dan penyedia LKPP Axiqoe yang belum dibayarkan sampai dengan bulan Agustus 2018. Hal ini menyebabkan bisnis yang dijalankan oleh beberapa vendor kecil mengalami stagnan Dan terancam pailit sehingga perusahaan dari vendor-vendor tersebut terancam melakukan PHK Massal karena terlilit utang yang sangat besar. Kronologis ini berlangsung karena adanya keraguan yang tidak beralasan cukup kuat oleh sekdis banten baru yaitu Bpk. Joko Waluyo yang tidak menjalankan wewenangnya untuk membayarkan proyek tersebut. Kami meminta pertanggungjawabanya segera karena sangat merugikan banyak pihak sedangkan unbk banten 2018 telah selesai dilaksanakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *