Senin, 22 Oktober 2018

Situs Patapaan Tambah Fasilitas

Situs Patapaan yang berlokasi di Desa Nagara, Kecamatan Kibin mulai mendapat perhatian. Hal itu terlihat dari beberapa fasilitas yang sudah terpasang di kawasan peninggalan megalitikum tersebut.
Juru Pelihara Situs Patapaan Hasan Basri mengatakan, saat ini mulai banyak fasilitas yang terpasang di situs tersebut. Mulai dari pagar hingga tempat duduk. “Alhamdulillah inj ada dari provinsi. Kalau pagar sudah keliling terus yang di atas cagar juga dipagar,” ujarnya kepada Kabar Banten, Kamis (19/7/2018).
Hasan mengatakan, selain fasilitas tersebut, pihaknya pun sudah mengajukan untuk pemasangan cungkup. Cungkup itu berfungsi untuk melindungi cagar budaya agar tidak rusak.
Usulan tersebut telah mendapatkan sambutan baik dari kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten. “Dari BPCB kemarin saya sudah ngobrol sama kepalanya pas halal bihalal. Katanya mau bikin temlat istirahat disananya,” katanya.
Ia menuturkan, untuk pembangunan pagar sendiri sudah dilakukan sejak tahun lalu. Setelah pagar kemudian dilengkapi dengan tempat duduk dan pagar di lokasi situsnya. “Jadi pagar yang atas nya (di situs) sudah diganti. Kalau anggaranya kurang tahu berapa,” ucapnya.
Berkat penambahan fasilitas itu kini situs mulai banyak di kunjungi orang. Banyak orang yang datang kesana hanya untuk berfoto atau pun bersantai. “Tapi ada juga yang ziarah,” katanya.
Hasan menuturkan, kemarin pihaknya pun sudah membersihkan rumput liar yang ada di sekitaran situs. Pembersihan tersebut dilakukan dengan cara dibakar. “Jadi bukan kebakaran, tapi sengaja dibakar rumputnya biar rapih,” tuturnya.
Ia menuturkan, dipilihnya metode dibakar itu karena pekerja di situs hanya ada dua orang. Sedangkan lahan situs terhiting cukup luas. “Ini kan kita berdua doang yang kerjanya padahal luas,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)*

Sekilas Info

Berburu Spot Selfi Rumah Hobit di Kampung Wisata Karodangan

BAGI anda penggemar karakter Hobit dalam film The Lord of The Ring, ada baiknya datang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *