Jumat, 22 Februari 2019

Situs Makam Sultan Ageng Tirtayasa Dibangun 10 Tahap

SERANG, (KB).- Situs Makam Sultan Ageng Tirtayasa di Desa/Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang dalam tahap penataan. Rencananya penataan situs makam Sultan ke-6 Banten tersebut akan dilakukan dalam 10 tahap.

Ketua Pengelola Situs Makam Pahlawan Nasional Sultan Ageng Tirtayasa Jahidi Umar mengatakan, saat ini makom tersebut sedang dalam penataan. Penataan itu sudah dilakukan sejak tahun 2018. “Mau ditata ulang. Bikin kios sama tempat penginapan. Direnovasi,” ujarnya kepada Kabar Banten, Ahad (27/1/2019).

Ia mengatakan, penataan itu dilakukan oleh pemerintah daerah dan akan dilakukan 10 tahap. Dimana pertahapan akan dikucurkan Rp 1 miliar. “Kalau yang 2018 sudah selesai. Tinggal tahun ini,” ucapnya.

Menurut dia, peninggalan sejarah ini kini masih kekurangan banyak fasilitas. “Malu-maluin kalau enggak ditata. Kalau lihat ke Jawa Timur sana tempat bersejarah itu bagus-bagus,” ujarnya.

Ia mengatakan, situs tersebut bukan merupakan petilasan. Melainkan adalah istana pemerintah ke enam Banten. “Ada keraton disini. Ini asli, cuma pas dihancurin Belanda, orang jadi enggak tahu sejarah. Enggak tahu dikemanakan (puing bangunan istana). Pas ada yang gali kuburan dulu sekitar tiga meter nemu pondasi,” katanya.

Berdasarkan pondasi tersebut kata dia, istana atau keraton itu menghadap ke Selatan Barat. Hal itu dikuatkan dengan penemuan Karang Jahe yang diperkirakan ada di halaman istana. “Kalau nanam Jahe biasanya di halaman kan,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)*


Sekilas Info

IPM Kota Serang Ditarget Naik 0,10 Persen Setiap Tahun

SERANG, (KB).- Indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Serang ditargetkan terus mengalami kenaikan 0,10 persen setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *