Situ Palayangan, Pendangkalan Dikeluhkan Petani

LEBAK, (KB).- Sejumlah petani di Kecamatan Cimarga dan Kecamatan Kalanganyar mengeluhkan pendangkalan Situ Palayangan yang hingga saat ini belum ditangani pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3).

Ditemui secara terpisah, sejumlah petani menyatakan, sejak terjadinya penurunan debit air atau pendangkalan Situ Palayangan beberapa tahun lalu, petani di dua kecamatan mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air untuk mengairi sawahnya.

”Kami sudah menyampaikan keluhan ini sejak beberapa tahun lalu, namun hingga saat ini belum juga ada tanda penanganan dari pihak berwenang,” ujar sejumlah petani kepada Kabar Banten, Ahad (30/7/2017).

Anggota Fraksi Golkar, Nana Sumarna kepada sejumlah wartawan mengatakan, Situ Palayangan telah menjadi andalan untuk penunjang pengairan areal persawahan di Kecamatan Cimarga, serta Kecamatan Kalanganyar sejak puluhan tahun lalu.

Namun, setelah mengalami pendangkalan, maka sejak beberapa tahun belakangan ini, maka Situ Palayangan tidak mampu lagi diandalkan sebagai penunjang pengairan diseluruh areal persawahan di dua kecamatan tersebut.

”Pendangkalan di Situ Palayangan ini sudah beberapa kali dikeluhkan para petani, serta sering pula disampaikan melalui media cetak, karena tidak bisa mengaliri air untuk aktivitas penggarapan sawah. Namun anehnya, hingga saat ini tidak ada tanda-tanda akan dilakukan penanganannya oleh BBWSC,” ucap Nana Sumarna.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak, Dade Yanapriandi mengatakan, pihaknya sudah berulangkali menyampaikan laporan tentang pendangkalan Situ Palayangan pada BBWSC3 Banten.

“Saya tidak tahu pasti mengapa hingga saat ini penanganan pendangkalan Situ Palayangan belum juga dilakukan pihak BBWSC3. Padahal, saya beberapa kali sudah mengusulkan agar segera dilakukan pengerukan Situ Palayangan supaya debit air di Situ Palayangan bisa mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat sekitar khususnya di areal pertanian,” tutur Dade melalui sambungan telefon (H-38)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here