Siswa tak Diterima, Warga Blokir Akses SMPN 13 Tangsel

Warga memblokir akses jalan masuk sekolah SMPN 13 Tangerang Selatan di Jalan Beruang II, RT01/RW02, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Senin (22/7/2019).

TANGERANG, (KB).- Sejumlah warga di sekitar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 13 Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan protes dengan memblokir akses masuk sekolah di Jalan Beruang II, RT01/RW02, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Senin (22/7/2019).

Pemblokiran tersebut, dilakukan dengan membentangkan sehelai kain putih dan batang bambu untuk menghalangi warga menuju pintu masuk sekolah. Tidak hanya menutup jalan, aksi yang digelar sejak pukul 08.00 hingga 10.30 WIB tersebut, juga diwarnai dengan pembakaran ban.

Aminah warga sekitar mengatakan, aksi tersebut, sebagai bentuk protes, karena tidak diterimanya sejumlah siswa yang berada di sekitar lokasi sekolah. “Tiap tahun saya sering bantu warga untuk memasukkan anaknya ke sini (SMPN 13 Tangsel). Tapi, sekarang enggak diterima,” katanya.

Ia dipercaya untuk memasukkan siswa ke SMPN 13 Tangsel tersebut menjelaskan, aksi tersebut digelar, karena dia mendapat tekanan dari para orangtua siswa yang tak diterima. “Jadi kan ini ibu-ibu yang anaknya dimintai tolong ke saya, disangkanya saya yang bermain,” ujarnya.

Ia menuturkan, setidaknya ada 9 siswa yang dititipkan kepadanya untuk masuk di SMPN 13 Tangsel tersebut. “Dari awal sudah saya daftarkan online sistem zonasi. Memang enggak dapat, nilainya rendah. Saya daftarkan lagi di online kedua dan enggak dapat lagi. Terus kata bagian TU (Tata Usaha), nunggu jalur kekosongan,” ucapnya.

Meneruskan istrinya, Wahab yang merupakan mantan Ketua RW 02 Pondok Ranji heran. Menurut dia, siswa yang dititipkan tersebut, memiliki jarak yang tak terlalu jauh dari lokasi sekolah. “Jaraknya paling sekitar 700 meter, tapi tidak diterima, padahal ada yang jaraknya 3 sampai 4 kilometer malah diterima,” tuturnya.

Dengan adanya aksi tersebut, proses belajar mengajar di SMPN 13 Tangsel tetap berjalan normal. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here