Sistem Satu Arah di Kota Serang Diputuskan Akhir April 2019

Suasana Rapat Ujicoba dan Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) di Kota Serang, Selasa (2/4/2019). Ujicoba Jalan Satu Arah di Laksanakan pada 20, 22 dan 23 April 2019.

SERANG, (KB).- Rekayasa lalu lintas Sistem Satu Arah (SSA) di Kota Serang akan segera diterapkan usai dilakukannya uji coba pada 20, 22 dan 23 April 2019. Keputusan tersebut didapat dari hasil rapat antara Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Forum Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang dan Provinsi Banten, serta unsur terkait, Selasa (2/4/2019).

“Kami Pemerintah Kota Serang dengan Dirlantas Polda Banten, Polres Serang Kota dan Dishub akan melakukan uji coba SSA untuk melihat efisiensi dari sistem ini dalam mengurai kemacetan,” kata Wali Kota Serang Syafrudin.

Ia mengatakan, apabila SSA ini berjalan dengan baik, dan dapat menanggulangi kemacetan dengan kata lain lebih efisien, maka pihaknya serta seluruh unsur terkait akan segera menerapkannya di April 2019 ini juga. Mengingat bulan Ramadhan yang sebentar lagi datang, tentunya kemacetan akan semakin bertambah.

“Jika memang sistem ini efisien, maka uji coba akan terus dilakukan sampai beberapa kali. Sehingga kemacetan tertangani dengan baik, dan uji coba ini diterapkan disejumlah titik kemacetan di Kota Serang,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Mujimi mengatakan, jika uji coba rekayasa lalu lintas ini merupakan yang pertama dan disesuaikan dengan kondisi jalan protokol di wilayah Kota Serang.

“Uji coba rekayasa ini dilakukan berdasarkan keadaan jalan protokol di Kota Serang khususnya titik rawan macet pada jam sibuk. Kami juga sudah melakukan uji coba dan berbagai kajian hingga akhirnya uji coba ini dilakukan,” katanya.

Dengan adanya uji coba tersebut, pihaknya mengharapkan seluruh pengguna jalan untuk tertib serta mengikuti aturan yang berlaku. Ini juga dimaksudkan untuk kelancaran dan mengatasi kemacetan yang ada di Kota Serang.

“Kami berharap pengguna jalan dapat mematuhi rekayasa lalu lintas yang akan di uji coba ini demi kelancaran rencana SSA. Kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan uji coba ini yang akan dilakukan pertengahan April 2019 nanti,” ucapnya.

Uji coba Sistem Satu Arah di Kota Serang tersebut akan dilakukan di Jalan Ahmad Yani kearah Jalan KH Sokhari, kemudian dilanjutkan kearah Jalan KH Abdul Hadi. Bagi pengguna jalan yang ingin kearah Alun-alun Kota Serang bisa ke arah Jalan Yusuf Martadilaga (Yumaga). Sedangkan yang ingin kearah Polres Serang bisa kearah Jalan Abdul Khotib, semua jalan tersebut berbelok ke kanan. (Rizki Putri/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here