Sirkuit Panahan Banten Seri 1, Tangerang Kuasai Raihan Medali

KETUA Pengprov Perpani Banten, M Ridwan (kiri) saat mengalungkan medali kepada salah seorang juara panahan pada Penjaringan dan Penyaringan Atlet Potensial Banten, Rabu (18/10/2017).*

PANDEGLANG, (KB).- Tim panahan asal Tangerang menguasai Sirkuit Panahan Banten Seri 1, yang telah berakhir pada Rabu (18/10/2017) di Lapangan Sepak Bola Citalahap, Kabupaten Pandeglang. Tak tanggung-tanggung tiga kabupaten/kota Tangerang menempati peringkat tiga teratas raihan medali kompetisi tersebut.

Diketahui, Kabupaten Tangerang menjadi yang teratas dengan mendulang enam keping medali emas. Disusul posisi kedua Kota Tangerang Selatan (Tangsel), yang sukses meraih sembilan keping medali, yakni tiga emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Menyusul di tempat ketiga tim panahan Kota Tangerang dengan raihan enam keping medali, yaitu tiga emas dan tiga perak.

Kemudian, Tim Panahan Kabupaten Lebak berada di posisi keempat dengan rincian tiga perak dan tiga perunggu. Kota Serang bertengger di posisi kelima dengan raihan tiga keping medali perak. Kabupaten Serang dan Pandeglang masing-masing berada di posisi keenam dan ketujuh dengan tanpa medali.

Menanggapi hasil tersebut, Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Tangerang, Dadang Sudrajat bangga dengan pencapaian yang telah digapai timnya. Menurut dia, hasil tersebut merupakan bentuk dari pembinaan secara berkelanjutan yang dilakukan Pengcab Perpani Kabupaten Tangerang.

“Kami melakukan latihan rutin. Ada atau tidaknya turnamen, kami tetap latihan rutin. Apalagi kami akan menjadi tuan rumah Porprov V Banten 2018. Jadi, kami harus melakukan persiapan dari sekarang. Jadi, kalau kami jadi juara di porprov nanti, itu bukan karena kami tuan rumah, tapi proses yang dilakukan sedini mungkin,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Perpani Banten, Ridwan menuturkan, pada kompetisi tersebut menunjukkan persaingan ketat yang terjadi di level junior atau remaja. Itu terlihat dari jumlah medali yang diraih masing-masing tim tidak terpaut jauh. “Hampir merata penyebaran medalinya. Bahkan, Tim Lebak yang sebelumnya tidak banyak berkutik, sekarang sudah bisa meraih enam medali. Itu artinya kualitas atlet junior sudah merata,” ujarnya.

Ia mengatakan, event tersebut juga akan dijadikan Pengprov Perpani Banten sebagai ajang seleksi untuk membentuk Tim Panahan Banten, untuk menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan 2017 yang akan digelar di Aceh pada Senin (30/10/2017) hingga Rabu (8/11/2017) nanti.

“Kami lihat skor yang diraih atlet lalu kami bandingkan dengan skoring nasional. Kalau kira-kira mendekati atau memiliki kans untuk bersaing meraih medali, kami akan kirim atlet tersebut. Kami siapkan kuota 18 atlet, tapi kalau skornya bisa bersaing di kejurnas nanti,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon tersebut. (YA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here