Siklon Tropis Dahlia Menjauh dari Wilayah Banten

Petugas BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) mengamati alat pengukur intensitas sinar matahari (Campbell Stokes) di Laboratorium Terbuka BMKG, Kota Serang, Jum'at (1/12/2017).*

SERANG, (KB).- Siklon Tropis Dahlia mulai menjauh dari Banten dan bergerak menuju Jawa Tengah. Dari hasil perkiraan cuaca di bulan Desember ini, tidak akan ada siklon tropis kembali. Akan tetapi, akan beralih ke musim hujan dengan intensitas yang tinggi tanpa disertai dengan angin kencang.
“Didominasi dengan cuaca hujan ringan hingga lebat dan disertai angin kencang.

Hal ini disebabkan karena adanya siklon tropis dahlia yang berada di sebelah selatan Banten”, kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Serang, Trian Asmarahandi, saat ditemui oleh Kabar Banten di Kantor BMKG, Jl. Raya Taktakan, Drangong, Taktakan, Kota Serang, Jum’at (1/12/2017)

Namun saat ini, kata dia, posisi siklon tropis dahlia mulai bergerak ke arah timur hingga tenggara atau menjauh dari wilayah Banten. Untuk pusat tekanan rendahnya, sekarang berkisar 994 hPa dengan kecepatan maksimum pada siklonnya 40 knots bergerak ke arah timur hingga tenggara.

“Jadi yang pertama, siklon tersebut berpengaruh pada cuaca hujan lebat seluruh Banten. Kedua angin kencang, yang mayoritas berdampak ke wilayah Banten, Jawa Barat, terutama dibagian pesisir selatan. Ketiga berpengaruh pada gelombang tinggi dibagian Selat Sunda Utara berkisar antara 3-4 meter, sedangkan dibagian Selat Sunda Selatan 4-6 meter”, katanya.

Sebelumnya, Siklon Tropis Cempaka tumbuh terlebih dahulu merendam sebagian daerah di Pulau Jawa. Siklon Tropis tersebut merupakan jenis siklon satu yang berada di Selatan Jawa Tengah, sedangkan siklon tropis Dahlia berada di sebelah Barat Daya Banten.

“Cempaka bergerak dari Jawa Tengah turun ke selatan. Sekarang, jenis siklon tersebut telah punah dan menjauhi perairan Indonesia. Sedangkan, Dahlia sendiri bergerak dari Banten menuju Jawa Tengah. Awalnya, muncul dari timur, kemudian ke tenggara, lalu masuk ke pesisir Barat Australia, barulah ia menghilang. Potensi sangat kecil muncul kembali pada bulan Desember ini”, kata Trian menambahkan.

Dari hasil perkiraan cuaca di bulan Desember ini, tidak akan ada siklon tropis kembali. Akan tetapi, akan beralih ke musim hujan dengan intensitas yang tinggi tetapi tidak disertai dengan angin kencang.”Peralihan musim normalnya berhenti di bulan November akhir. Jadi di bulan Desember, Januari, Februari, masuk ke musim hujan, sedangkan puncaknya musim hujan berada di bulan Januari”, tuturnya.

Posisi Siklon Tropis Dahlia sendiri, sekarang berada di Selatan Jawa Tengah, kemudian akan turun ke barat Australia. Siklon tropis dahlia sendiri terhitung tidak sampai bulanan, hanya berkisar sampai seminggu. Meski demikian, pihak BMKG tetap memberikan peringatan kepada masyarakat khususnya wilayah Kota Serang, untuk tetap waspada terhadap cuaca buruk. “Karena siklon tropis belum benar-benar punah dan diperkirakan punah pada tanggal 3 Desember untuk wilayah Banten dan Jawa Barat”, kata Trian.(KB)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here