Siapkan Aplikasi Pilkada Terpadu, KPU Kota Tangerang Gandeng Kominfo

TANGERANG, (KB).- Untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang berencana menggandeng Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Tangerang untuk kembali membuat suatu aplikasi. Aplikasi tersebut diyakini dapat menguatkan jaringan informasi sosialisasi dan penguatan sistem informasi Pilkada Kota Tangerang.

Kepala Divisi Perencanaan dan data KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra menjelaskan, aplikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk pemutakhiran data dan pada aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan area tempat pemungutan suara.

“Yang pertama peta wilayah Kota Tangerang, kecamatan, kemudian peta wilayah kelurahan dan nanti spesifiknya dalam cakupan aplikasi TPS tersebut akan ada peta TPS yang dalam kaitan muatan itu ada jumlah pemilih dan KK,” katanya saat melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Tangerang, Jumat (27/10/2017)

Dengan diciptakannya aplikasi yang memanfaatkan teknologi tersebut, lanjut dia, diharapkan dapat memberikan akses informasi yang akurat dan terkini kepada masyarakat luas terkait tahapan pelaksanaan Pilkada 2018 melalui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Selain membangun aplikasi, pihak KPU Kota Tangerang juga berharap, Dinas Kominfo Kota Tangerang dapat menjalin kerja sama dalam memublikasikan pemberitaan kegiatan yang dilakukan KPU.

“Kominfo memiliki Koran Benteng yang diturunkan sampai ke tingkat RT, nah saya pikir dalam beberapa kali kesempatan sering mendapatkan koran tersebut dan memang saya melihatnya sangat informatif,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, H Tabrani siap membantu pihak KPU Kota Tangerang dalam menyosialisasikan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang 2018 mendatang.

Ia siap untuk bersinergi dengan pihak KPU Kota Tangerang dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terkait tahapan tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang. “Kira-kira apa yang bisa disinergikan antara agenda kerja KPU dengan Kominfo, karena kami adalah dinas yang secara teknis berfungsi sebagai dinas yang menyebarluaskan informasi,” ucapnya.

Meski demikian, untuk merealisasikan hal tersebut, pihak KPU Kota Tangerang diharapkan dapat melengkapi administrasi yang dibutuhkan. “Sebaiknya, KPU membuat surat permohonan kepada pemkot, pada prinsipnya itu sangat mudah bagi kami di Dinas Kominfo untuk merealisasikan, tapi kami harus juga mengkaji dari segi hukumnya,” tuturnya. (DA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here