Si Tudung Meriahkan ”Launching” Pilkada Kabupaten Tangerang 2018

TANGERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menggelar launching Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2018 di Lapangan MAN Balaraja, Kamis (21/12/2017). Pada launching itu hadir mewakili Bupati Tangerang, Sekretaris Daerah Moch. Maesyal Rasyid, perwakilan KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, perwakilan KPU Provinsi Banten Saiful Bachri, dan para perwakilan partai politik juga seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang datang dari 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Selain defile dan unjuk kebolehan dan yel-yel seluruh PPK, penampilan si Tudung maskot Pilkada Kabupaten Tangerang 2018 juga menarik perhatian pada launching itu. Menurut Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ahmad Jamaludin, Maskot KPU Kabupaten Tangerang kali ini menggambarkan Kekhasan Kabupaten Tangerang dengan kerajinan bambu anyaman, lebih spesifik berupa topi (tudung).

Ini menunjukkan Kabupaten Tangerang dikenal sebagai pusat kerajinan anyaman bambu. Pada tahun 1900-1938 kerajinan rumahan ini pernah berjaya,” ujarnya. Pada maskot si Tudung secara keseluruhan memiliki makna yang terkandung mulai dari tudung, paku, sarung, baju pangsi, gambar naga, dan sabuk.

KPU Kabupaten Tangerang, tutur dia, sudah mempersiapkan pelaksanaan Pilkada secara optimal. Di antaranya, perangkat penyelenggara dari tingkat kecamatan hingga desa sudah dibentuk, pengamanan pemilukada sudah diciptakan bersama sejumlah penegak hukum.

Ia mengimbau masyarakat Kabupaten Tangerang agar pro aktif dalam Pilkada mendatang. “Bagi masyarakat yang belum merekam KTP elektronik silakan segera melakukan perekaman agar masuk dalam daftar pemilih tetap dan dapat menggunakan haknya sebagai masyarakat Kabupaten Tangerang,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid yang hadir saat launching mengapresiasi maskot KPU karena menampilkan kearifan lokal.  “Launching ini tetap membawa produk Kabupaten Tangerang yakni topi bambu, inilah salah satu khas andalan kita,” ujarnya.

Ia mengatakan, semua pihak mendukung terselenggaranya pesta demokrasi ini dengan baik. “Saya berharap lauching ini menjadi awal yang baik dalam pelaksanaan pesta demokrasi,” tuturnya.
Maesyal mengatakan, suksesnya Pilkada tahun 2018 nanti bergantung penyelenggara dan masyarakat, beserta unsur TNI, Polri yang dalam hal ini secara konsisten bersinergi guna memberikan sosialisasi tahapan-tahapan melaksanakan pesta demokrasi. (DA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here