Sholeh Hidayat: Guru Harus Jadi Teladan

SERANG, (KB).- Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sholeh Hidayat menilai, tugas pendidik bukan hanya sebagai transfer informasi dan pengetahuan, tetapi harus menjadi teladan bagi peserta didik.

“Kita harus menjadi guru yang harus terus belajar, dan mewujudkan sumber daya manusia yang inovatif dan berkarakter. Dengan mengembangkan karakter kita tidak perlu takut untuk menghadapi era Industri 4.0. Karena kita berurusan dengan mendidik dan mengembangkan karakter,” kata Sholeh Hidayat saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/5/2019).

Ia menjelaskan, pendidikan merupakan kunci kemajuan sebuah bangsa. Untuk menghasilkan SDM yang kompetitif, inovatif dan berkarakter, dibutuhkan pendidikan yang berkualitas dan mudah diakses masyarakat dari semua latar belakang.

“Kualitas manusia itu oleh pendidikannya, dan kualitas pendidikan itu ditentukan oleh kurikulum. Kualitas pendidikan tidak ditentukan kurikulum yang berganti atau tidak, namun kualitas pendidikan itu sangat ditentukan oleh kualitas guru,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk menghadapi era digital saat ini, sudah saatnya sebagai guru mengubah paradigma proses pembelajaran di dalam kelas. Serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkolaborasi dengan gurunya.

“Guru harus mengubah pola pembelajaran, tidak lagi menyampaikan materi. Tetapi mendorong anak didik untuk berpikir lebih strategis dan memahami persoalan-persoalan dalam hidup,” ucapnya.

Ia mengatakan, guru harus menyadari potensi mengajarnya. Selain itu juga guru harus mempunyai kompetensi-kompetensi lain. “Guru harus berkompeten dan memosisikan dirinya di era industri 4.0, kalau tidak tentu akan ketinggalan,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here