Setiap Kecamatan di Kota Serang Diharapkan Miliki Masjid Besar

BWI Perwakilan Kota Serang menggelar workshop pemberdayaan wakaf masjid kepada pengurus masjid, di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (7/11/2019).*

SERANG, (KB).- Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Serang menggelar pemberdayaan wakaf masjid, di salah satu hotel Kota Serang, Kamis (7/11/2019). Dari kegiatan tersebut, diharapkan di setiap kecamatan dan Kantor Urusan Agama (KUA) menetapkan masjid besar untuk membina masjid di sekitarnya.

Ketua BWI Kota Serang Fadlullah mengatakan, di kalangan masyarakat kurang optimalnya fungsi wakaf sebagai sarana pengembangan syiar Islam dan pemerdayaan umat Islam, sehingga melalui kegiatan pemberdayaan wakaf masjid, agar menjadi lebih berdaya dan produktif.

“Masjid diharapkan juga dapat mengumpulkan infak masyarakat, yang dilakukan setiap Kamis sore untuk mengumpulkan infak, misalnya dari infak tersebut dibelikan sembako. Kemudian, dijual kembali. Hasilnya, akan dimasukkan ke kas masjid. Model seperti itu bisa dikembangkan, namun tidak dilakukan, sehingga masjid malas untuk melakukan advokasi sosial,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia mengajak kepada pengurus masjid untuk menghidupkan kembali kebudayaan menghimpun dana umat melalui masjid. Kemudian, masjid melakukan program-program sosial. Mereka bisa memberikan pelayanan sosial, seperti membantu biaya kematian masyarakat. Dengan cara seperti itu, diharapkan dapat meringankan masyarakat yang kurang mampu.

“Kegiatan yang juga harus dimakmurkan yakni sosial budaya seperti menghipunan makanan, seperti Maulid Nabi, kalau itu bisa dikelola dan bergerak. Berikutnya kami masuk pada ekonomi jemaah,” ujarnya.

Ia berharap, pihaknya bisa membangun Serang Kota Madani dari masijd, ada institusi Islam, Badan Wakaf Indonesia perwakilan Kota Serang, Dewan Masjid, ada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk bergerak bersama memakmurkan masjid. “Kami kira, mampu untuk melakukan itu, yakni menjadikan masjid-masjid yang produktif dan masjid berdaya dan pemerintah dapat mendukung,” ucapnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here