Serahkan DPA 2020, Tatu Minta OPD Mulai Kerja

SERANG, (KB).- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2020. Penyerahan tersebut menandai dimulainya pelaksanaan program anggaran 2020.

“Penerbitan DPA 2020 merupakan tahap akhir dari siklus perencanaan APBD 2020. DPA dan SPD (Surat penyediaan dana) triwulan I yang akan dibagikan ini adalah hasil kerja keras dan keseriusan pengabdian bersama eksekutif dan legislatif,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menyerahkan DPA di aula Tubagus Suwandi, Selasa (7/1/2020).

Hadir dalam acara tersebut wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, serta seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan para camat.

Tatu mengatakan, momentum penyerahan DPA ini sekaligus menandai pelaksanan APBD 2020.

“Penyerahan DPA ini bagian dari upaya percepatan realisasi berbagai program kerja 2020. Masing masing kepala OPD selaku pengguna anggaran harus pegang teguh penggunaan anggaran yang baik, efektif, transparan, menjunjung tinggi asas keadilan, mengedepankan asas manfaat dan orientasi hasil,” tuturnya.

Ia meminta agar para kepala OPD segera membuat rencana kerja untuk menjalankan kebijakan strategis dalam rangka merealisasikan program anggaran. Agar anggaran tidak menumpuk pada akhir tahun.

“APBD 2020 mencapai Rp 3,047 triliun. Dalam angka yang besar ada amanat rakyat yang jadi tanggung jawab bersama. Butuh tanggung jawab besar, yang menitik beratkan pada satu peningkatan aksesibilitas pendidikan, pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi rakyat, pengembangan perekonomian desa, peningkatan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan tata kelola pemerintahan dan supremasi hukum,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here